Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kacific Rampungkan Pembangunan 2.500 Lokasi Internet Satelit di Daerah 3T

Kacific Broadband Satellites Group bersama PT Bis Data Indonesia (Bignet) dan PT Primacom Interbuana (Primacom) telah menyelesaikan pembangunan lebih dari 2.500 lokasi akses internet satelit.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 18 Juni 2022  |  20:31 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Kacific Broadband Satellites Group bersama PT Bis Data Indonesia (Bignet) dan PT Primacom Interbuana (Primacom) mengumumkan telah menyelesaikan pembangunan lebih dari 2.500 lokasi akses internet satelit.

CEO Kacific Christian Patouraux menjelaskan bahwa pembangunan tersebut merupakan proyek penyediaan akses internet satelit untuk infrastruktur pemerintah di daerah yang dipimpin oleh Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI).

Dia melanjutkan, BAKTI menggunakan dan mengelola dana dari Universal Service Obligation (USO) untuk penyediaan infrastruktur dan layanan telekomunikasi, dengan salah satu proyek terbesarnya adalah penyediaan akses internet di daerah 3T (tertinggal, terdepan, terluar) yang dianggap tidak layak secara bisnis.

“Pemerintah Indonesia menunjukkan kepemimpinan yang hebat dalam visi mereka untuk menghubungkan seluruh rakyat Indonesia,” katanya lewat siaran pers, dikutip Sabtu (18/6/2022).

Adapun, layanan satelit akan digunakan untuk mendukung peningkatan kuantitas dan kualitas layanan transmisi program BTS Lastmile BAKTI dan program lainnya.

Patouraux menambahkan, banyak negara akan sangat diuntungkan jika mereka memiliki pendekatan serupa untuk mengatasi kesenjangan digital.

"Proyek BAKTI sejalan dengan misi Kacific untuk menjembatani kesenjangan digital dengan menyediakan akses internet berkecepatan tinggi yang terjangkau di daerah-daerah paling terpencil dan kurang terlayani," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Infrastruktur dari BAKTI Bambang Noegroho menyebutkan, dengan adanya akses internet satelit, menjadi pilihan yang sangat baik dalam menghubungkan seluruh masyarakat dengan cepat, karena kemampuannya untuk menjangkau kantong-kantong populasi di kondisi geografi yang menantang.

"Dengan proyek konektivitas satelit ini, kami mengambil langkah maju yang signifikan untuk mencapai tujuan kami, yaitu pemerataan teknologi informasi dan komunikasi, untuk memperkuat persatuan nasional, mendorong pertumbuhan ekonomi dan memperkuat ketahanan nasional terhadap bencana dan keadaan darurat," kata Bambang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

internet jaringan internet bakti
Editor : Aprianus Doni Tolok

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top