Ini Cara Lihat dan Jadwal Beberapa Planet Sejajar di Langit Sepanjang Juni 2022

Dany Saputra
Sabtu, 11 Juni 2022 | 18:03 WIB
Tata Surya/Reuters
Tata Surya/Reuters
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menjelaskan cara melihat fenomena langka beberapa planet di tata surya sejajar atau konfigurasi segaris dalam Parade Langit sepanjang Juni 2022.

Peneliti Pusat Riset Antariksa BRIN Andi Pangerang menjelaskan fenomena tersebut bisa disaksikan selama 50 menit pada saat sebelum matahari terbit. Konfigurasi segaris beberapa planet seperti Merkurius, Venus, Uranus, Mars, Jupiter, dan Saturnus, sudah bisa disaksikan sejak dini hari pekan lalu, Sabtu (4/6/2022).

"Fenomena konfigurasi tersebut dapat disaksikan mulai dari awal fajar astronomis dengan ketinggian matahari -18o atau 75 menit sebelum matahari terbit. Masyarakat bisa melihat fenomena tersebut sekitar mulai pukul 04.30 waktu setempat," ujarnya melalui siaran pers, Sabtu (11/6/2022).

Kemudian, masyarakat bisa menyaksikan konfigurasi segaris itu hingga fajar bahari atau ketika ketinggian matahari -6o. Artinya, masyarakat hanya bisa menyaksikan fenomena tersebut selama 50 menit sebelum matahari terbit atau sampai dengan sekitar pukul 05.30 waktu setempat.

Konfigurasi pertama terdiri dari sejajarnya Merkurius, Venus, Uranus, Mars, Jupiter, dan Saturnus, pada 4 hingga 15 Juni 2022.

Selanjutnya, konfigurasi sejajar diikuti oleh susunan planet Merkurius, Venus, Uranus, Mars, Jupiter, Saturnus, dan Bulan, pada 16 hingga 27 Juni 2022.

Kemudian, konfigurasi sejajar terakhir akan terlihat pada 28 Juni sampai dengan 31 Juni 2022. Susunan konfigurasi pada saat itu akan sama dengan yang terlihat pertama kali pada 4 sampai dengan 15 Juni 2022.

“Sejak 4 hingga 30 Juni, Merkurius akan memiliki kecerlangan yang bervariasi antara +2,06 hingga -0,61. Hal ini menunjukkan bahwa Merkurius akan semakin terang sampai di penghujung bulan Juni,” ujarnya.

Sementara itu, Andi mengatakan kecerlangan untuk Venus bervariasi antara -3,94 hingga -3,89, yang artinya akan sedikit redup pada akhir bulan ini.

Lalu, kecerlangan Uranus bervariasi antara +5,89 hingga +5,87, sehingga akan sedikit lebih terang pada akhir Juni.

Selanjutnya, kecerlangan Mars bervariasi antara +0,57 hingga +0,47; Jupiter antara -2,25 hingga -2,41; serta Saturnus antara +0,68 hingga +0,56.

Andi mengatakan semua fenomena pada tujuh planet tersebut dapat disaksikan tanpa menggunakan alat bantu optik, kecuali Uranus.

“Hal ini disebabkan karena kecerlangannya lebih besar +4,7 dari batas magnitude visual maksimum bagi wilayah perkotaan, sehingga diperlukan teleskop kecil berdiameter 10-25 cm agar dapat menyaksikan Uranus,” katanya.

Secara garis besar, Parade Langit Subuh akan dapat disaksikan selama cuaca cukup cerah, bebas dari polusi cahaya, dan dengan medan pandang yang bebas dari penghalang.

Bagi wilayah yang tidak memiliki sama sekali polusi cahaya atau kondisi langit benar-benar bersih), maka Uranus dapat disaksikan tanpa menggunakan teleskop karena kecerlangan lebih kecil dari +6,5.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Dany Saputra
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper