Pasar Smartphone Global Lesu, Samsung Justru Bersinar

Khadijah Shahnaz
Kamis, 2 Juni 2022 | 15:48 WIB
Samsung Galaxy Z Flip 3 dan Galaxy Fold 3/Top2gadget.com
Samsung Galaxy Z Flip 3 dan Galaxy Fold 3/Top2gadget.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Produsen teknologi asal Korea Selatan Samsung mencatatkan pertumbuhan penjualan smartphone 9 persen year on year (yoy) pada April 2022. Pencapaian ini kontradktif dengan situasi penjualan smartphone global yang turun 8 persen yoy pada bulan yang sama.

Berdasarkan laporan dari Counterpoint Research, pencapaian ini menobatkan Samsung sebagai pemimpin pasar smartphone global dengan pangsa pasar 24 persen. Pangsa pasar ini pun merupakan pangsa pasar bulanan tertinggi untuk Samsung sejak April 2017.

Dua pesaing Samsung yaitu Apple dan Xiaomi justru mengalami penurunan pangsa pasar dalam beberapa bulan terakhir. Apple mencatatkan 15 pangsa pasar sepanjang April 2022 sedangkan Xiaomi sebanyak 12 persen. 

Direktur Riset Counterpoint Tarun Patnak mengatakan keberhasilan Samsung dalam menguasai hampir seperempat pasar smartphone global pada April 2022 didorong oleh kuatnya performa seri S22 di segmen premium dan seri A di segmen menengah. Promosi yang menarik juga sangat membantu penjualan, khususnya di pasar Amerika Latin dan India.

"Di India, Samsung menjadi merek no.1 di bulan April," ujar Tarun, dikutip dari laporan resminya, Kamis (2/6/2022).

Adapun dengan adanya lockdown di China dan perang antara Rusia dan Ukraina juga memberikan tekanan terhadap melemahnya pasar smartphone global ini. 

Counterpoint pun memprediksi Samsung masih akan mempertahankan posisi sebagai pemimpin pangsa pasar sampai dengan akhir tahun ini. Dengan adanya smartphone terbaru yaitu Galaxy Z Flip 4 dan Fold 4, maka diproyeksi produk anyar ini menjaga performa Samsung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper