BRI Ventures Berikan Pendanaan Awal ke Startup Plepah

Khadijah Shahnaz
Rabu, 1 Juni 2022 | 12:56 WIB
Plepah. /ANTARA
Plepah. /ANTARA
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - BRI Ventures melalui dana ventura Sembrani Kiqani mengumumkan pendanaan awal (seed) ke startup produsen kemasan ramah lingkungan Plepah dengan nominal yang masih dirahasiakan.

CEO dan Co-Founder Plèpah Rengkuh Banyu Mahandaru mengatakan pendanaan ini akan dipakai untuk membantu Plépah memberi ruang untuk memvalidasi konsep sustainable business yang mampu untuk terus bertumbuh. 

"Dengan point pertumbuhan Increase capacity to reduced price, penguatan team internal, dan mempersiapkan ekosistem bisnis yang menerapkan Environmental, Social, dan Governance mengacu kepada Sustainable Development Goals," ujar Banyu dalam keterangan resmi pada Rabu (1/6/2022)

Berdiri pada tahun 2018, Plépah adalah perusahaan startup di bidang kemasan dan alat makan ramah lingkungan berbasis organik produk non-kayu hutan (NTFP) yang menggunakan bahan mentah limbah komoditas pohon pinang. 

Plépah juga merupakan perusahaan startup ramah lingkungan berbasis komunitas yang memberdayakan desa dan masyarakat di Sumatera Selatan dan Jambi dengan memanfaatkan tenaga kerjanya untuk mengolah limbah komoditas pohon pinang sebagai pendapatan ekonomi alternatif dengan produk akhir eco friendly food packaging dan foodware.

CEO BRI Ventures Nicko Widjaja mengatakan dana ventura  Sembrani Kiqani hadir sebagai bentuk inisiatif BRI Ventures yang berkomitmen untuk memberikan pendanaan tahap awal kepada perusahaan-perusahaan dan atau startup potensial tanah air yang bergerak di sektor Direct to Consumer Brands (D2C) dan consumer platform.

Nicko pun melihat selama dua tahun kebelakang , sektor D2C menunjukkan pertumbuhan yang sangat masif, sehingga BRI Ventures melihat Indonesia perlu   inisiatif pendanaan yang ditujukan kepada brand lokal di bidang fashion, food & beverage (F&B), dan beauty yang berkembang pesat saat ini.

“Ini dapat menjadi menjadi awal Indonesia sebagai creative economy powerhouse. Brand yang berasal dari Indonesia kita harapkan bisa menjadi pemenang di negara ini, sehingga mampu berkompetisi dengan brand global yang semakin banyak masuk ke tanah air. Hal ini menjadi semangat kami dalam menjalankan inisiatif Sembrani Kiqani,” ujar nicko.

Direktur Investasi BRI Ventures Markus Liman Rahardja menambahkan, investasi yang diberikan BRI Ventures ini diharapkan dapat mendorong Plepah untuk tetap mengembangkan bisnis dan produknya. Serta, berkontribusi pada percepatan adopsi produk ramah lingkungan di Indonesia.

“Investasi kepada perusahaan ramah lingkungan ini sekaligus menegaskan posisi BRI Ventures sebagai salah satu venture capital yang melihat sebuah startup tidak hanya financially healthy but also environmentally friendly,” kata Markus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Khadijah Shahnaz
Editor : Hafiyyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper