Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini 6 Alasan Memori Internal Smartphone Cepat Penuh

Aplikasi tentunya bisa menyebabkan memori internal yang cepat penuh, karena satu aplikasi bisa mencapai lebih dari 5 gigabyte.
Anshary Madya Sukma
Anshary Madya Sukma - Bisnis.com 20 Mei 2022  |  13:06 WIB
Smartphone bisa saja mengalami cepat penuh memori. Simak cara mengatasinya.ilustrasi - Redmi
Smartphone bisa saja mengalami cepat penuh memori. Simak cara mengatasinya.ilustrasi - Redmi

Bisnis.com, JAKARTA – Penyimpanan memori internal merupakan salah satu bagian terpenting bagi smartphone. Namun, seringkali memori internal ini mendapatkan masalah yang membuat pemakaian smartphone menjadi terhambat.

Dilansir Forbes pada Jumat (20/10/2022), selain pemakaian yang terhebat, kemungkinan buruk lain juga akan terjadi jika memori internal smartphone Anda penuh. Seperti tidak dapat menambahkan aplikasi lagi, walaupun bisa juga Anda harus menghapus beberapa file pada smartphone.

Namun, cara tersebut akan membuat Anda kebingungan ketika banyak file yang penting dalam memori internal, tentunya hal itu menjadi dilema yang besar bagi Anda.

Nah, untuk mengantisipasi hal tersebut Anda harus mengetahui penyebab dari memori internal smartphone android dan iPhone yang sering penuh.

Simak 6 penyebab memori smartphone Anda sering penuh:

1. Sistem Operasi

Sistem operasi lebih besar dari kemampuan smartphone Anda akan membuat memori internalnya cepat penuh, alih-alih membuat smartphone Anda menjadi cepat. Dengan memaksakan mengunduh sistem operasi ini akan membuat memori internal penuh.

2. File Pada Aplikasi Pesan

Seringkali kita tidak menyadari bahwa aplikasi pesan ini memakan memori internal lebih tinggi dibandingkan aplikasi lainnya. Pasalnya, dalam aplikasi pesan tersebut memiliki file foto dan video yang akan otomatis masuk ke dalam memori internal Anda.

Terlebih jika Anda orang yang mempunya sentimen terhadap pesan dan file-file Anda yang membuat hal itu disimpan selama beberapa tahun.

Hal ini bisa diatasi dengan menghapus beberapa file yang tidak penting pada aplikasi pengirim pesan yang terletak di folder aplikasi tersebut.

3. File Media Besar Bersembunyi di Tempat Antah Berantah

Banyak sekali file yang tidak penting untuk Anda malah tersimpan di memori internal, yang menjadi pantangan nya adalah ketika file tersebut tersebar di folder yang berbeda dan bahkan ada yang tersembunyi.

4. File Foto

Foto memang memiliki ukuran yang ringan bahkan terbilang kecil bagi smartphone Anda, akan tetapi jika sampai menyimpan ribuan foto maka tentunya akan menghabiskan memori internal Anda dan terkadang file foto yang disimpan merupakan file yang sama.

Dianjurkan file foto ini Anda simpan ke dalam laptop atau hardisk untuk membuat memori internal Anda digunakan file atau aplikasi penting lainnya.

5. Aplikasi

Aplikasi tentunya merupakan penyebab terbesar dari memori internal yang cepat penuh, karena satu aplikasi bisa mencapai lebih dari 5 Gigabyte bahkan melihat teknologi yang terus berkembang satu aplikasi akan mencapai puluhan Gigabyte. Biasanya aplikasi yang memiliki ukuran besar adalah aplikasi game, editing dan pengirim pesan.

6. Aplikasi Dapat Mengambil Lebih Banyak Penyimpanan Tanpa Pemberitahuan

Ada kala nya suatu aplikasi akan menginstal pembaruan secara otomatis saat versi baru tersedia dan Anda tidak akan mengetahui hal itu, penginstalan atau pembaruan ini terkadang tanpa pemberitahuan apapun, walaupun manfaat pembaruan lebih besar dari kelemahannya ini akan tetapi hal ini tetap perlu diperhatikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

smartphone android whatsapp
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
To top