Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Raksasa Teknologi NTT Ltd Luncurkan Layanan IoT Keberlanjutan untuk Korporasi

NTT menghadirkan solusi baru untuk membantu korporasi dalam mencapai tujuan keberlanjutan
Khadijah Shahnaz
Khadijah Shahnaz - Bisnis.com 18 Mei 2022  |  01:31 WIB
NTT/Linkedln -  NTT
NTT/Linkedln - NTT

Bisnis.com, JAKARTA - NTT Ltd., penyedia solusi bisnis dan teknologi global menyulurkan penawaran layanan IoT untuk keberlanjutan. 

Head of Urban Transformation World Economic Forum (WEF) Jeff Merritt mengatakan layanan solusi menyeluruh terbaru ini akan membantu bisnis/korporasi mempercepat inisiatif keberlanjutan global dan mengambil keputusan berdasarkan data untuk mengurangi jejak karbon melalui penggunaan konektivitas IoT yang cerdas.

Berbagai solusi IoT berkelanjutan yang ditawarkan yakni pertama, OCR Meter Reading yaitu teknologi berbasis optik yang menyediakan data mendekati real-time dari seluruh perangkat energi, termasuk air, listrik, dan gas. Teknologi ini juga dapat digunakan untuk membaca semua jenis alat ukur, termasuk tekanan dan suhu.

Kedua, Water Leak Management yang merupakan teknologi ini memberikan perlindungan real-time, yakni solusi IoT yang mencegah kerusakan air untuk proyek ruang pintar (smart spaces project).

Ketiga,  Predictive Maintenance yaitu solusi untuk  mengumpulkan data dari sensor untuk menciptakan model yang bisa memprediksi kapan peristiwa menarik mungkin terjadi, termasuk potensi waktu henti, kecelakaan, atau kapan suatu perangkat perlu diganti.

Keempat, Environmental Monitoring yang merupakan teknologi ini menggunakan sensor yang mampu mengidentifikasi kehadiran polutan di udara dan air, serta melacak suhu dan kelembaban.

"Solusi layanan teknologi IoT NTT untuk keberlanjutan menggabungkan integrasi TI/OT yang aman dan secara menyeluruh (end-to-end). Hal ini dapat membantu perusahaan untuk melihat dengan cepat manfaat teknologi tersebut setelah penerapan di seluruh proses bisnis," ujar Jeff dalam keterangan resmi pada Selasa (17/5/2022)

Solusi IoT NTT juga didukung oleh jaringan terbaru LoRaWAN, termasuk katalog sensor yang mampu mengukur, memantau, dan mengumpulkan data guna mendorong tujuan keberlanjutan.

Jeff menambahkan, pengumuman peluncuran layanan IoT ini menyusul penunjukan 2 veteran industri untuk mendorong pertumbuhan dan momentum di seluruh inisiatif IoT dan solusi keberlanjutan NTT.

Pemimpin industri nirkabel Devin Yaung telah ditunjuk sebagai SVP Group Enterprise IoT Products and Services, NTT Ltd., membawa lebih dari 25 tahun pengalaman teknologi yang berfokus pada transformasi bisnis. 

Sementara Vicky Bullivant juga telah ditunjuk sebagai Senior Vice President, Group Sustainability, NTT Ltd. Vicky telah 25 tahun menciptakan dan memberikan strategi keberlanjutan, sosial, iklim, dan ESG yang sukses yang menopang tujuan komersial di sektor bisnis yang berkembang cepat dan dinamis. 

SVP of Group Enterprise IoT Products and Services NTT Devin Yaung juga mengatakan hampir dua pertiga atau 61,4 persen CEO mengatakan mereka menyelaraskan strategi bisnis dengan tujuan pembangunan berkelanjutan PBB. 

Namun, hanya 2 dari 5 bisnis yang memiliki solusi yang diperlukan untuk memenuhi tujuan langsung organisasi.

Devin menambahkan rangkaian solusi IoT akan membantu perusahaan mencapai tujuan keberlanjutan mereka sekaligus meningkatkan operasional di seluruh bisnis mulai dari mengurangi limbah dari cacat manufaktur hingga memahami jejak karbon rantai pasokan mereka. 

"Penggunaan IoT akan memberdayakan bisnis untuk membuat keputusan secara real-time, merampingkan proses, dan mentransformasi aspek keberlanjutan bisnis perusahaan secara menyeluruh," tutup Devin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sains ntt Internet of Things
Editor : Hafiyyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
To top