NTT Luncurkan Data Center Baru di Bekasi, Terbesar di Indonesia

Rahmi Yati
Jumat, 1 April 2022 | 09:03 WIB
Ilustrasi data center/Flickr
Ilustrasi data center/Flickr
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - NTT Ltd., perusahaan infrastruktur dan layanan TI meresmikan data center dengan kapasitas yang dapat diperluas untuk memenuhi persyaratan hyperscaler dan perusahaan kelas atas guna mendukung pertumbuhan ekonomi digital di Tanah Air.

Presiden Direktur NTT Ltd. Indonesia Mizuho Tada mengeklaim data center baru yang berlokasi di Bekasi, Jawa Barat ini merupakan yang terbesar di Indonesia.

Menurut dia, lalu lintas digital di Indonesia meningkat secara eksponensial sebagai akibat dari lonjakan transaksi elektronik, sistem, dan konten digital selama masa pandemi. Apabila kombinasi pertumbuhan yang pesat pada perusahaan startup dan jumlah populasi terus-terusan terjadi, permintaan akan data center hyperscale akan meningkat tajam.

“Permintaan untuk data storage dan layanan hosting yang terkelola diperkirakan akan tumbuh secara dramatis di seluruh Indonesia. Jakarta 3 Data Center akan mengakomodasi kebutuhan klien, khususnya penyedia layanan cloud dan industri keuangan, yang membutuhkan desain fasilitas yang fleksibel untuk membantu mencapai tujuan bisnis mereka," katanya dalam siaran pers, Kamis (31/3/2022).

Dia menyebut, NTT Indonesia telah menawarkan Jakarta 2 Data Center yang telah menarik banyak layanan dan penyedia konten, serta menyediakan layanan jaringan lokal yang terhubung ke dan dari Jakarta 3 Data Center yang baru dibangun.

Tada menuturkan, perluasan jejak data center di Indonesia merupakan bagian dari strategi pertumbuhan berkelanjutan yang dilakukan oleh divisi Global Data Centers dari NTT, yang mengoperasikan salah satu platform data center terbesar di dunia.

Indonesia, sambung dia, muncul sebagai salah satu pasar dengan pertumbuhan tercepat di tingkat regional untuk penyediaan ruang data center dengan adanya ketersediaan sumber daya manusia dan kebijakan pemerintah.

“NTT melihat Asia Pasifik sebagai kawasan utama, dan Indonesia menjadi lokasi yang strategis dengan sistem kabel bawah laut Apricot yang baru. Jakarta 3 Data Center akan mendorong peluang bisnis di Asia melalui sistem kabel Apricot yang akan mulai beroperasi pada 2024," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper