Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sinergi EDGE DC dan APJII Hadirkan Data Center di Jakarta

PT Ekagrata Data Gemilang (EDGE DC) bersama Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) meluncurkan pusat data di Jakarta.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 25 Maret 2022  |  17:05 WIB
Ilustrasi data center.
Ilustrasi data center.

Bisnis.com, JAKARTA – PT Ekagrata Data Gemilang (EDGE DC) telah menandatangani kerja sama strategis dengan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) untuk meluncurkan pusat data di Jakarta.

CEO EDGE DC Stephanus Oscar mengatakan keduanya meluncurkan Point of Presence (PoP) Indonesia Internet Exchange (IIX) di fasilitas EDGE1 milik EDGE DC yang beroperasi di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

"Kehadiran PoP IIX di EDGE1 sebagai data center yang purposely-built di pusat kota Jakarta, akan memudahkan anggota APJII untuk terhubung dengan IIX sebagai salah satu Internet Exchange terbesar di Indonesia," katanya dalam siaran pers, Jumat (25/3/2022).

Dia menyebut IIX akan melokalisasi lalu lintas jaringan di EDGE1 dan menciptakan rute langsung antara operator jaringan yang akan meningkatkan pengalaman pelanggan melalui latensi rendah.

Dengan begitu, sambung Stephanus, kerja sama antara APJII dan EDGE DC ini akan sangat mendukung pertumbuhan infrastruktur internet di Indonesia dengan dukungan dari fasilitas teknologi kelas dunia EDGE1.

Sementara itu, Ketua Umum APJII Muhamad Arif jmeyakini konektivitas dan infrastruktur teknologi yang terpercaya merupakan pondasi utama bisnis digital di Tanah Air. 

Dia mengaku optimistis dapat bekerjasama dengan EDGE DC karena memiliki visi yang sama dalam mendukung anggotanya agar dapat menyediakan jasa internet berkualitas bagi masyarakat Indonesia.

”Kami harap keberadaan IIX di EDGE DC akan menjadi lokasi alternatif bagi sebuah ekosistem interkoneksi carrier-neutral untuk dapat berkembang di Indonesia, sekaligus untuk memenuhi bandwith yang tinggi dan latensi rendah yang dibutuhkan oleh aplikasi saat ini," ucap Arif.

Presiden Komisaris dan co-founder dari PT Indointernet Tbk. (Indonet) Otto Toto Sugiri sebagai salah satu anggota APJII menegaskan akan mendukung kerja sama ini dan percaya bahwa sinergi keduanya akan mendatangkan nilai bagi ekosistem internet di Indonesia.  

"Kolaborasi antara APJII dan EDGE DC ini akan memberikan solusi infrastruktur teknologi yang semakin dekat dengan pengguna akhir," imbuh Toto.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

internet apjii data center
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top