Terungkap! Google Blokir Dua Aplikasi Ini, Gara-Gara Curi Data?

Rahmi Yati
Selasa, 26 April 2022 | 13:52 WIB
Ilustrasi Google./Antara-Reuters
Ilustrasi Google./Antara-Reuters
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Dedy Permadi mengatakan saat ini Google telah blokir akses terhadap aplikasi Simple Weather & Clock Widget dan Full Quran MP3-50.

Hal itu dilakukan sebagai tindak lanjut dari temuan adanya 11 aplikasi smartphone termasuk aplikasi azan dan penunjuk kiblat yang diduga mencuri data pribadi pengguna.

"Saat ini pihak Google telah melakukan pemutusan akses terhadap aplikasi Simple Weather & Clock Widget dan Full Quran MP3-50. Kementerian saat ini sedang memverifikasi aplikasi dengan terus melakukan komunikasi dengan pihak Kepolisian dan Google Indonesia," kata Dedy, Selasa (26/4/2022).

Sebelumnya, Dedy menegaskan tengah melakukan pendalaman mengenai dugaan 11 aplikasi yang berpotensi melanggar atau menyalahgunakan data pribadi masyarakat. Ke-11 aplikasi tersebut beredar di Google Play Store, dan telah dipasang pada lebih dari 45 juta perangkat.

Adapun dia menyebut, Kemenkominfo telah menyampaikan pemberitahuan secara resmi kepada Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) dari aplikasi tersebut, untuk segera melakukan perbaikan sistem dan juga menutup fitur-fitur yang berpotensi untuk adanya pelanggaran perlindungan data pribadi.

Bila dalam tenggat waktu tiga hari tidak dilakukan perbaikan sistem, sambung Dedy, maka Kemenkominfo akan menutup aplikasi tersebut.

"Jadi kami memberikan waktu tiga hari sejak kemarin [Kamis] ya, untuk perbaikan sistem di aplikasi-aplikasi tersebut. Jika tidak dilakukan, maka kami akan melakukan penutupan akses terhadap aplikasi-aplikasi tersebut baik di Google Play Store maupun App Store," jelasnya.

Aplikasi-aplikasi yang dimaksud adalah Speed Camera Radar yang telah diunduh 10 juta kali, Al-Moazin Lite (Prayer Times) 10 juta unduhan, WIFI Mouse (remote control PC) 10 juta download, QR & Barcode Scanner 5 juta download serta Qibla Compass - Ramadan 2022 dengan 5 juta download.

Selanjutnya adalah Simple Weather & Clock Widget 1 juta download, Handcent Nex SMS-Text w/MMS 1 juta download, Smart Kit 360 1 juta, AI Quran MP3 - 50 Reciters & Translation Audio 1 juta download, Full Quran MP3 - 50+ Language & Translation Audio 1 juta download dan Audiosdroid Audio Studio DAW sebanyak 1 juta download.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper