Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Apa Itu Aplikasi MOD yang Berbahaya bagi Smarphone

Aplikasi modifikasi atau MOD merupakan modus baru dalam kejahatan digital yang menyerupai aplikasi resmi. Aplikasi MOD dibentuk menyerupai aplikasi resmi dengan penambahan banyak fitur, bahkan mampu menggratiskan layanan premium dalam suatu aplikasi.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 10 April 2022  |  12:30 WIB
Ilustrasi kejahatan siber. - Reuters/Kacper Pempel
Ilustrasi kejahatan siber. - Reuters/Kacper Pempel

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengingatkan masyarakat agar tidak mudah tergiur untuk menginstall aplikasi MOD.

Aplikasi MOD atau modifikasi merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh developer pihak ketiga (tidak resmi) dengan menambah fitur tambahan sehingga lebih menarik daripada aplikasi resmi.

Bukan itu saja, dengan aplikasi MOD ini, pihak ketiga akan membuka fitur premium atau berbayar dan dijadikan gratis. Aplikasi ini juga menghadirkan banyak fitur yang tidak dimiliki oleh aplikasi resmi.

Dengan begitu, tentu saja kehadiran aplikasi ini dapat merugikan developer resmi. Tak hanya itu, dikutip dari laman Instagram Kemenkominfo, Minggu (10/4/2022), menginstall aplikasi MOD juga membawa dampak buruk bagi penggunanya.

Berikut beberapa kerugian bila menginstall aplikasi MOD di smartphone:

1. Terserang virus yang membuat smartphone cepat panas dan lemot

2. Muncul banyak iklan mengganggu

3. Baterai smartphone cepat habis

4. Berisiko ter-banned

Itulah kerugian dan bahaya yang mengintai para pengguna aplikasi MOD. Jadi, jangan sampai tergiur dengan kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi ilegal tersebut. Hal ini juga untuk menjaga keamanan data pribadi pengguna.

"Jangan sampai tergiur aplikasi ilegal! Yuk waspada di ruang virtual dengan lebih hati-hati saat install aplikasi di smartphone. Pastikan aplikasi yang diinstall merupakan aplikasi garapan developer resmi," tulis Kemenkominfo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

smartphone kominfo aplikasi mobile aplikasi kemenkominfo
Editor : Kahfi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
To top