Ekosistem Gojek GoPlay Gandeng Storms Hadirkan Fitur Live Games

Ahmad Thovan Sugandi
Jumat, 4 Maret 2022 | 00:53 WIB
Ilustrasi - Salah satu program unggulan GoPlay Live adalah konten virtual idol, sebagai wajah hiburan masa depan dengan pemanfaatan teknologi yang menampilkan karakter avatar animasi dalam dua atau tiga dimensi sebagai sebuah tayangan unik dan menarik. /Goplay
Ilustrasi - Salah satu program unggulan GoPlay Live adalah konten virtual idol, sebagai wajah hiburan masa depan dengan pemanfaatan teknologi yang menampilkan karakter avatar animasi dalam dua atau tiga dimensi sebagai sebuah tayangan unik dan menarik. /Goplay
Bagikan

Bsinis.com, JAKARTA - GoPlay, platform livestreaming interaktif dari Gojek, mengumumkan menghadirkan layanan bagi para penonton untuk berinteraksi bersama konten kreator lokal. Melengkapi fitur-fitur interaktif sebelumnya, GoPlay meluncurkan fitur Live Games bagi para penggemar untuk turut berpartisipasi secara real-time dalam game bersama para konten kreator favorit mereka di platform GoPlay.

Pada tahap awal, GoPlay berkolaborasi bersama perusahaan rintisan studio game yang berbasis di Singapura, Storms, untuk meluncurkan fitur inovatif tersebut. Storms adalah anak perusahaan dari iCandy Interactive, perusahaan pengembang game di Australia.

CEO GoPlay Edy Sulistyo menyebut, berdasarkan pengamatan internalnya sebagai content delivery platform, penonton lebih memilih

"Dari sisi pengguna GoPlay, mereka mendapatkan kesempatan untuk berpartisipasi dalam gameplay dan lebih akrab dengan konten konten yang memudahkan mereka berinteraksi dengan konten kreator daripada konten yang sifatnya pasif. kreator, dan pada saat yang sama, fitur ini menjadi amunisi bagi para konten kreator untuk berkreasi dengan program live show yang memberikan pengalaman yang berbeda bagi penonton dan komunitas mereka," ujarnya dalam rilis yang diterima, Kamis (3/3/2022).

Edy mengatakan, kehadiran fitur Live Games di GoPlay sejalan dengan riset yang menunjukkan 62 praen penonton livestreaming secara global menyatakan kebutuhan bersosialisasi dan berinteraksi menjadi alasan utama mereka untuk menonton konten kreator bermain gim.

Pada tahap awal, GoPlay akan menawarkan gim AZ Run, gim bola berlari yang dikembangkan oleh Storms dan telah memiliki lebih dari 9,6 juta unduhan dan 3 juta pengguna aktif bulanan. Gim AZ Run akan hadir pertama di GoPlay melalui acara grup idola populer JKT48.

Acara bertajuk GoPlay Live Original JKT48 Mabar, adalah program bagi para pemain gim yang dibawakan langsung oleh member JKT48 atau team esports JKT48 atau yang lebih dikenal sebagai team Valkyrie dengan konsep memainkan gim-gim pilihan secara live.

Untuk dapat ikut dalam permainan yang dibawakan oleh konten kreator, setiap penonton perlu mengirimkan virtual gift selama menyaksikan live event yang dibawakan oleh konten kreator. Satu kali pengiriman virtual gift dapat berkontribusi menjadi satu button atau satu langkah yang mempengaruhi hasil dalam gim AZ Run dan fitur live gim lainnya di GoPlay.

Menurut Edy, dalam satu bulan mendatang, akan lebih banyak live game yang diluncurkan di GoPlay dengan fitur direct player-versus-player (PvP).

CEO Storms David Yin menyebut, tim Storms sangat senang menyediakan teknologi gim interaktif dan katalog gim untuk memperkaya komunitas livestreaming GoPlay. "Kolaborasi ini sangat berarti bagi Storms, mengingat komitmen kami untuk membangun ekosistem game yang dinamis dan menjangkau 2 miliar social-gamers, dimulai dengan aplikasi hiburan terdepan di Indonesia," ujarnya.

Peluncuran fitur Live Game ini diklaim sejalan dengan tema yang diangkat GoPlay sejak akhir 2021 yakni "meet new people, find amazing content, discover your community”, sehingga penonton tidak hanya mudah menemukan konten, tetapi juga teman hingga komunitas baru sesuai preferensi.

Sebelumnya, pemanfaatan teknologi interaktif dalam GoPlay Live dilengkapi berbagai fitur interaktif seperti Private/Group Chat, Shout Out/Question & Answer, Virtual gift, Trivia, Polling, dan Live shopping.

Edy menambahkan, program GoPlay Live Original Mabar bersama JKT48 dipilih untuk peluncuran fitur ini mengingat kepopuleran program ini di mata penonton GoPlay, yang tak terbatas pada gamers semata, tetapi juga mereka yang mencari hiburan bersama-sama para kreator idola mereka.

"Dengan adanya fitur Live Games ini, GoPlay diharapkan terus menjadi rumah bagi para konten kreator tanah air untuk berkreasi dan memasarkan karya mereka secara lebih luas sekaligus mendorong tumbuhnya creator economy di Indonesia," kata Edy.

Sebagai informasi, GoPlay merupakan platform live streaming interaktif dari Gojek yang menyajikan konten-konten lokal. Berdiri pada 2018, GoPlay menghadirkan banyak jenis konten, dimulai dari berbagai film dan serial lokal hingga berbagai konten live stream reguler.

Selain platform live streaming interaktif, GoPlay juga menawarkan layanan video-on-demand berlangganan yang mencakup konten GoPlay Original, GoPlay Exclusive, galeri film independen GoPlay Indie dan galeri konten premium lainnya, serta GoPlay Rental (pay-per-view service).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper