Simak! Cara Menghapus Akun Tiktok Lewat Aplikasi dan Web

Rahmi Yati
Senin, 21 Februari 2022 | 12:09 WIB
Logo aplikasi media sosial TikTok yang dikelola oleh ByteDance./Bloomberg-Brent Lewin
Logo aplikasi media sosial TikTok yang dikelola oleh ByteDance./Bloomberg-Brent Lewin
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Saat ini mayoritas pengguna media sosial juga memiliki akun TikTok, platform video musik asal China yang diluncurkan pada 2016. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya membuat video musik pendek mereka sendiri.

Namun bagaimana bila seseorang ingin berhenti menggunakan TikTok dan menghapus akunnya?

Dilansir dari laman The Verge, Senin (21/2/2022), proses menghapus akun TikTok sangatlah mudah. Pengguna dapat menghapusnya melakui aplikasi ataupun lewat website. Begini caranya:

Cara Menghapus Akun TikTok lewat Aplikasi

Bagi pengguna iOS atau Android, langkah pertama adalah buka profil, ketuk tiga garis di sudut kanan atas, yang akan membuka layar "Pengaturan dan privasi". Buka Kelola akun > Hapus akun.

Aplikasi ini akan menanyakan alasan pengguna keluar dari TikTok, dan dapat memilih opsi atau memilih untuk melewati pertanyaan menggunakan tombol di sudut kanan atas.

Setelah itu, pengguna akan ditanya apakah ingin mengunduh data sebelum menghapus akun. Pengguna harus mengetuk pengakuan di bagian bawah bahwa ingin terus menghapus akun.

Selanjutnya, akan muncul notifikasi layar yang mengatakan bahwa disediakan waktu 30 hari untuk mengaktifkan kembali akun yang dihapus jika berubah pikiran. Pemberitahuan ini juga akan menjelaskan semua hal yang akan kehilangan aksesnya setelah menghapus akun tersebut, termasuk akses ke video yang telah diposting.

Setelahnya ketuk "Lanjutkan" dan pengguna akan dibawa ke layar verifikasi akun.

TikTok akan mengirimkan kode yang harus dimasukkan jika memiliki akun standar atau akan meminta pengguna masuk dengan layanan yang digunakan untuk membuat akun, seperti Apple, Google.

Setelah memverifikasi, ketuk tombol "Hapus akun" dan konfirmasikan keputusan terakhir kalinya untuk menandai akun untuk dihapus. Aplikasi akan disegarkan dan pengguna akan dibawa kembali ke layar masuk.

Cara Menghapus Akun TikTok lewat Web

Selain melalui aplikasi, menghapus akun TikTok juga bisa dilakukan lewat situs web TikTok.com.

Setelah masuk, arahkan kursor ke gambar profil di sudut kanan atas, lalu klik Pengaturan. Jika belum berada di layar "Kelola akun", pilih dari bilah sisi kiri. Kemudian dapat mengklik tombol "Hapus" di bawah Kontrol akun dan ikuti prosesnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper