Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Fungsi NFC pada Android, Tak Sekadar Cek Uang Elektronik

POCO membagikan fungsi NFC pada Android yang tidak sekadar untuk cek saldo uang elektronik.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 18 Februari 2022  |  19:07 WIB
Rekomendasi smartphone yang dilengkapi fitur 5G, salah satunya Oppo Poco M3 Pro 5G - GSM Arena
Rekomendasi smartphone yang dilengkapi fitur 5G, salah satunya Oppo Poco M3 Pro 5G - GSM Arena

Bisnis.com, JAKARTA - Fitur Near Field Communication (NFC) yang terdapat di smartphone ternyata tidak sekadar bisa digunakan untuk mengecek saldo uang elektronik (e-money).

Sebagai salah satu merek ponsel cerdas yang menyediakan fitur NFC di perangkatnya, POCO membeberkan sejumlah kegunaan lain dari fitur tersebut.

Berdasarkan rilis POCO, Jumat (18/2/2022), NFC merupakan teknologi yang menggunakan radio frekuensi untuk melakukan transfer data antar perangkat. Namun tidak seperti bluetooth, jarak transfer antar perangkat menggunakan NFC biasanya hanya 10 cm.

Lalu, apa saja sih kegunaan NFC yang tersemat dalam sebuah smartphone berbasis Android?

Ini Fungsi NFC pada Android:

1. Berbagi data pakai Android Beam

Android Beam merupakan fitur yang selalu ada di setiap smartphone Android yang dilengkapi dengan NFC. Fitur ini memungkinkan pemilik ponsel berbagi data, termasuk kontak yang ada di ponsel hanya dengan mendekatkan kedua perangkat untuk berbagi data tersebut.

Ini merupakan teknologi berbagi data yang cukup menyenangkan karena hanya membutuhkan sedikit daya, bahkan tanpa daya sekalipun. Caranya cukup mudah. Tinggal pilih file yang ingin dibagikan, lalu pilih Android Beam sebagai pilihan teknologi pengiriman.

2. Koneksi Speaker Bluetooth

Menyalakan speaker berbasis bluetooth juga bisa dilakukan dengan NFC di smartphone, bahkan hanya sekali sentuh. Cara ini diklaim lebih cepat dan tidak melibatkan banyak langkah seperti koneksi bluetooth biasanya.

3. Transaksi pembayaran

Untuk bisa menggunakan NFC sebagai transaksi pembayaran, pemilik ponsel memerlukan sebuah aplikasi pembayaran dari Google terlebih dahulu yang biasanya sudah jadi aplikasi bawaan di smartphone-smartphone Android yang beredar.

Dari sini, pengguna harus melakukan pemindaian dengan mendekatkan smartphone ke perangkat pembayaran, lalu tekan tombol Bayar.

4. Berbagi koneksi WiFi

Dengan NFC, pemilik ponsel bisa juga berbagi koneksi WiFi antar perangkat smartphone hanya dengan mendekatkan kedua perangkat dan melakukan pemindaian.

Contoh lainnya, di hotel, kerap menyediakan alat yang disebut sebagai WiFi Porter. Nah, di sini pengguna smartphone berbasis NFC bisa langsung mengakses WiFi tanpa kata sandi. Cukup menempelkan smartphone ke tempat yang disediakan maka WiFi akan otomatis tersambung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

android nfc poco
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
To top