Perluas Jaringan Serat Optik, Internet XL Makin Ngebut

Leo Dwi Jatmiko
Minggu, 13 Februari 2022 | 15:15 WIB
Karyawan melayani pelanggan di salah satu XL Center di Jakarta, Minggu (30/1/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Karyawan melayani pelanggan di salah satu XL Center di Jakarta, Minggu (30/1/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Penggelaran jaringan serat optik atau fibersasi menjadi salah satu fokus PT XL Axiata Tbk. (EXCL) dalam menghadirkan layanan internet yang lebih cepat kepada para pelanggan. 

Lebih dari 5.600 lokasi terhubung dengan jaringan serat optik sehingga membuat kecepatan internet XL mengalami peningkatan, menurut laporan Opensignal.

Group Head Corporate Communications XL Axiata Tri Wahyuningsih mengatakan untuk terus meningkatkan pengalaman pelanggan dalam menikmati layanan data yang disediakan, sepanjang tahun lalu XL Axiata telah melakukan berbagai upaya salah satunya adalah fiberisasi. 

“XL menambah kapasitas akses berupa fiberisasi terhadap lebih dari 5.600 lokasi Base Transceiver Station (BTS), dan juga peningkatan/penambahan kapasitas core layanan data hingga sekitar 1.300 Gbps,” kata Ayu kepada Bisnis, Sabtu (12/2/2022). 

Selain itu, lanjut Ayu, perseroan juga menambah cakupan jaringan di wilayah-wilayah yang sebelumnya masih didukung oleh BTS di wilayah sekitarnya dan sebagainya.

Penggelaran jaringan secara masif tersebut akhirnya membuahkan hasil. Merujuk laporan Opensignal, para pelanggan yang menggunakan jaringan XL Axiata merasakan peningkatan kecepatan unduh-unggah pada Desember 2021 dibandingkan dengan Desember 2020. 

“Pelanggan XL Axiata mengalami mengalami peningkatan yang sedikit lebih tinggi masing-masing dalam Pengalaman Kecepatan Unduh dan Pengalaman Kecepatan Unggah,” kata Ayu. 

Berdasarkan laporan Opensignal, diketahui kecepatan rata-rata unduh XL Axiata sebesar 15,5 Mbps, naik 4,2 Mbps dibandingkan dengan Desember 2020. Sementara itu untuk kecepatan unggah, naik 1,6 Mbps menjadi 6,7 Mbps pada Desember 2021. 

Adapun pada kuartal III/2021, XL Axiata telah mengoperasikan 69.903 BTS 4G, bertambah 16.484 BTS 4G dibandingkan dengang kuartal III/2020. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper