Makin Agresif, Kecepatan Internet Indosat Naik Sepanjang 2021

Leo Dwi Jatmiko
Minggu, 13 Februari 2022 | 14:47 WIB
Warga beraktivitas di gerai Indosat Ooredoo, Jakarta, Rabu (16/9/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Warga beraktivitas di gerai Indosat Ooredoo, Jakarta, Rabu (16/9/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Penggelaran infrastruktur telekomunikasi berbasis jaringan 4G yang agresif telah mendorong peningkatan kecepatan internet Indosat Ooredoo Hutchison hingga 50 persen pada 2021. 

Perusahaan gabungan Indosat dan Tri Indonesia optimistis dapat memberikan kecepatan internet yang lebih baik lagi pada tahun ini seiring dengan penggabungan kedua perusahaan. 

SVP-Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison Steve Saerang mengatakan perusahaan berkomitmen untuk menghadirkan pengalaman telekomunikasi digital kelas dunia dalam menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia. 

Gabungan bisnis dan jaringan Indosat-Tri yang saling melengkapi akan meningkatkan layanan dan memberikan manfaat sinergi yang signifikan. 

Pada akhirnya, pelanggan perseroan akan mendapatkan keuntungan dari perluasan jangkauan jaringan dan kecepatan internet seluler yang lebih tinggi hingga inovasi yang lebih besar dari Indosat Ooredoo Hutchison. 

“Dalam satu tahun terakhir, trafik data tercatat naik sekitar 50 persen pada kuartal pertama 2021 dibandingkan periode yang sama tahun lalu, sedangkan kecepatan unduh rata-rata juga berhasil meningkat hampir 50 persen,” kata Steve kepada Bisnis, Sabtu (12/2/2022). 

Sekadar informasi, merujuk laporan Opensignal pada semester II/2021, rata-rata kecepatan unduh Indosat tercatat sebesar 13,2 Mbps, naik sekitar 2,5 Mbps dibandingkan dengan semester II/2020. Sementara itu, rata-rata kecepatan unggah sebesar 7,2 Mbps, naik 1,2 Mbps. 

Kecepatan tersebut diprediksi akan meningkatkan pada tahun ini seiring dengan penggabungan spektrum frekuensi dan infrastruktur dengan Tri Indonesia. 

Indosat sendiri telah mengoperasikan 70.109 Base Transceiver Station (BTS) 4G pada kuartal III/2021, bertambah 10.140 BTS dibandingkan dengan kuartal III/2020. 

Lebih lanjut, kata Steve, pada periode Ramadan 2021, trafik data melonjak naik, kecepatan unduh rata-rata berhasil meningkat 6 persen di tengah kenaikan trafik data sebesar 8 persen dibandingkan hari biasa. Kemudian pada masa Lebaran 2021, trafik data yang naik 10 persen berhasil diimbangi dengan kinerja jaringan 4G berkualitas video yang tetap terjaga. 

“Kecepatan unduh rata-rata menjadi 9 persen lebih cepat dibandingkan hari biasa,” kata 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper