Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Telkomsigma Rutin Lakukan Uji BCP, Siap Hadapi Bencana

Telkomsigma melakukan program Business Continuity Plan Test untuk menghadapi bencana atau situasi yang tak terduga.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 09 Desember 2021  |  16:22 WIB
Telkomsigma Rutin Lakukan Uji BCP, Siap Hadapi Bencana
Ilustrasi Telkomsigma. - Dok. Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Sigma Cipta Caraka (Telkomsigma) memperkuat operasional pangkalan datanya melalui program Business Continuity Plan (BCP) Test.

BCP Test merupakan aktivitas uji coba layanan atau pelatihan melalui simulasi penanganan saat menghadapi bencana atau situasi yang tak terduga.

Dengan program ini harapannya bencana tak terduga memberi dampak seminimal mungkin bagi perusahaan dan klien.

”Program BCP Test ini kami lakukan rutin setiap tahunnya,” kata Director Delivery and Operation Telkomsigma I Wayan Sukerta kepada Bisnis.com, Rabu (8/12/2021).

Wayan mengatakan sangat penting bagi penyedia layanan teknologi informasi dan komunikasi untuk membuktikan kepada pelanggan bahwa layanan mereka dikelola secara profesional dan responsif di berbagai kondisi, termasuk menghadapi hal tak terduga.

Manfaat BCP akan diperoleh nanti ketika penyedia pangkalan data menemui situasi yang tak terduga atau bencana, karena penyedia telah memiliki kesiapan penanganan secara cepat.

“Alhasil bencana tidak berdampak pada operasional bisnis pelanggan,” kata Wayan.

Tidak hanya, Telkomsigma juga memiliki prosedur ketat terkait pengelolaan pangkalan data yang mengacu pada standar best practice pangkalan data dan regulasi pemerintah.

Dari segi desain, pangkalan data Telkomsigma juga telah memenuhi kriteria struktur bangunan dan fasilitas dengan tingkat keamanan tinggi baik secara fisik dan mekanika.

“Hal itu dibuktikan melalui sertifikasi Uptime Institute Tier III dan IV Design, Tier IV Facility, dan juga Tier III Operation yang telah dimiliki Telkomsigma,” kata Wayan.

Selain pengelolaan dan desain, fungsi pengawasan pangkalan data juga dilakukan 24x7 melalui data center monitoring system yang menampilkan status informasi dari semua sumber dan fasilitas pangkalan data secara real-time.

Selain sertifikasi Uptime, pangkalan data Telkomsigma juga telah memenuhi sertifikasi ISO 27001, ANSI/TIA-942-B:2017 Rated-3 Constructed Facilities, ISO 27001:2013, ISO 9001:2015, ISO 20000-1:2018, ISO 14001:2015, ISO 45001:2018, PCIDSS, TVRA, POJK No. 38/POJK.03/2016.

Pembaruan sertifikasi juga terus Telkomsigma lakukan, salah satunya adalah Uptime Institute Tier III Operation level Gold di pangkalan data Sentul, yang telah diperpanjang hingga 2024.

“Saat ini, kami menjadi satu-satunya (provider DC) di Indonesia yang memiliki sertifikasi tersebut,” kata Wayan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telkomsigma
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top