Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Saksikan Penampakan 6 Planet Tata Surya di Sepanjang Desember 2021

Selama minggu pertama bulan Desember, Anda dapat melihat Jupiter, Saturnus dan Venus setelah matahari terbenam pada tanggal 6, 7, 8 dan 9 Desember, rendah di ufuk barat.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 02 Desember 2021  |  13:57 WIB
Saksikan Penampakan 6 Planet Tata Surya di Sepanjang Desember 2021
Planet Venus dan bumi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Enam planet Tata Surya akan terlihat di sepanjang Desember 2021, menemani Anda menuju pergantian tahun.

Ini akan menjadi penampakan astronomi yang bagus bagi pemula, astronom muda, anak-anak, serta astronom dan astrofotografer berpengalaman yang menyukai sedikit pengamatan dan pencitraan planet.

Melansir BBC Sky at Night, Kamis (2/12/2021), selama minggu pertama bulan Desember, Anda dapat melihat Jupiter, Saturnus dan Venus setelah matahari terbenam pada tanggal 6, 7, 8 dan 9 Desember, rendah di ufuk barat.

Saat matahari terbenam, Anda dapat melihat Jupiter yang bersinar tinggi di selatan dan Venus rendah di barat daya, dengan Saturnus yang berada diantaranya.

Bulan sabit tipis akan melewati tiga planet pada malam hari berturut-turut, mengunjungi Venus pada 6 Desember ketika cahaya 8 persen, membelah Venus dan Saturnus pada 7 Desember sebagai bulan sabit dengan cahaya 16 persen, dan membelah Saturnus dan Jupiter pada 8 Desember saat cahaya 25 persen.

Akhirnya, pada tanggal 9 Desember, Bulan dengan cahaya 35 persen akan bergabung dengan Jupiter.

Selain itu, menjelang akhir Desember 2021, Anda bisa melihat enam planet di langit senja. Satu-satunya planet yang akan absen dari langit malam adalah planet pagi, Mars.

Mengingat cakrawala barat daya yang datar, Anda bisa melihat Venus 30 menit setelah matahari terbenam.

Pada tanggal 28 Desember, Merkurius dan Venus berada dekat di atas cakrawala barat daya yang datar, 40 menit setelah matahari terbenam.

Kemudian pada malam-malam berikutnya, Merkurius mempertahankan kecerahannya dan meningkatkan posisinya dibandingkan dengan Venus. Merkurius dan Venus membutuhkan cakrawala barat daya yang datar dan rendah dan akan paling baik dilihat melalui teropong.

Saat Merkurius dan Venus mendekati cakrawala barat daya, jauh ke timur Anda akan menemukan Jupiter. Di antara Jupiter dan Venus, Anda akan menjumpai Saturnus. Anda akan melihat Uranus dan Neptunus saat langit semakin gelap.

Waktu terbaik untuk menyaksikan parade 6 planet ini adalah dari tanggal 28 Desember 2021 hingga 3 Januari 2022, 30 menit setelah matahari terbenam.

Karena peristiwa ini terjadi menjelang matahari terbenam, sebelum melihatnya, pastikan bahwa matahari benar-benar terbenam. Sebab, melihat matahari dengan mata telanjang, melalui teropong atau teleskop dapat merusak penglihatan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

planet tata surya
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top