Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Review iPhone 13: Spesifikasi, Keunggulan, Harga, dan Masalah

Berikut ini review iPhone 13. Mulai dari spesifikasi, keunggulan, harga, hingga masalah yang bisa terjadi.
Annasa Rizki Kamalina
Annasa Rizki Kamalina - Bisnis.com 22 November 2021  |  22:10 WIB
iPhone13 - istimewa
iPhone13 - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - iPhone 13 akhirnya masuk ke pasar Indonesia. Simak review terlengkap iPhone 13, mulai dari spesifikasi, keungulan, harga, hingga masalah yang mungkin terjadi.

Sama seperti produk Apple lainnya, iPhone 13 akan membuat penggunanya takjub saat pertama kali menggunakannya. Meski demikian, bentuknya yang mirip iPhone 12 mungkin menjadikan generasi baru ini telihat biasa saja.

Layar iPhone 13 lebih terang dari pendahulunya. Masa pakai baterai lebih lama. Apple telah meningkatkan kamera yang sudah hebat dengan sensor baru dan fitur fotografi komputasional yang membuat Anda merasa seperti seorang profesional.

Meskipun ini keluaran terbaru, iPhone 13 biasa memiliki beberapa kekurangan. Pengisian daya masih relatif lambat dibandingkan dengan beberapa ponsel Android.

Berikut ini review iPhone 13 dilansir dari tomsguide.com, Senin (22/11/2021). Mulai dari spesifikasi, keunggulan, harga, hingga masalah yang bisa terjadi.

1. Desain dan Warna

Ada dua desain baru yang akan Anda sadari saat menggunakna iPhone 13. Pertama, kamera di bagian belakang kini diatur secara diagonal, bukan vertikal.

Kedua, notch-nya kini 20 persen lebih kecil dan pendahulunya. Notch yang kecil membuat pengguna semakin puas saat menonton video dalam mode lanskap di layar penuh.

Selain kedua desain baru tersebut. Penempatan tombol sedikit berbeda pada iPhone 13. Tombol power lebih rendah di sisi kanan, dan hal yang sama berlaku dengan ringer switch dan tombol volume di sisi kiri.

Sementara itu, iPhone 13 menawarkan bagian depan Ceramic Shield, kaca yang tahan lama di bagian belakang. iPhone baru Anda akan mendapatkan ketahanan air IP68 yang sama seperti sebelumnya. Sayangnya, iPhone 13 belum menghadirkan Touch ID. IPhone 13 hadir dalam lima warna, termasuk Pink, Blue, Midnight, Starlight dan (Product) Red.

2. Tampilan Layar

IPhone 13 menghadirkan layar OLED yang lebih cemerlang sehingga lebih terlihat di bawah cahaya matahari dan lebih hemat daya. Layar Super Retina XDR ini sekarang 28 persen lebih terang dari iPhone 12. Tim dari tomsguide.com menguji kecerahan tampilan di bawah sinar matahari langsung.

“Saat menonton trailer The Matrix Resurrections, saya terpesona oleh kode neon yang melingkari Neo saat dia berjalan di jalan. Di adegan lain saya bisa melihat rambut halus di janggut Neo saat dia menatap matahari," tulis tomsguide.com, Senin (22/11/2021).

Akurasi warna panel iPhone 13 juga luar biasa, karena mencapai skor Delta-E 0,26 (lebih rendah lebih baik). Lebih baik dibandingkan dengan 0,29 untuk Galaxy S21 dan iPhone 12.


3. Kamera

Ada lebih banyak hal pada kamera iPhone 13 daripada sekadar susunan lensa diagonal baru. Kamera lebar sekarang mengumpulkan 47 persen lebih banyak cahaya daripada iPhone 12, berkat kamera yang lebih besar dengan piksel 1,7μm.

Kelebihan lainnya adalah kamera ultrawide sekarang dapat menangkap adegan empat kali lebih banyak dan sensor yang lebih baru memberikan kinerja cahaya rendah yang lebih baik bersama dengan lebih sedikit noise.

Jika Anda bukan penggemar suhu warna iPhone yang biasa — atau Anda hanya ingin lebih mengontrol foto Anda — Anda akan menghargai fitur Gaya Fotografi. Di aplikasi Kamera, Anda dapat beralih dari beberapa gaya, termasuk standar, cerah, kontras kaya, hangat, dan sejuk.

Dalam banyak situasi pemotretan, iPhone 13 setara dengan iPhone 12, tetapi tidak terlihat peningkatan yang nyata dalam mode malam.


4. Video

IPhone 13 adalah smartphone yang dapat membuat Anda merasa seperti seorang sutradara saat Anda merekam video. Hal itu berkat fitur baru yang disebut mode Sinematik.

Efek ini membawa kedalaman bidang ke rekaman Anda dan secara otomatis mengubah fokus ke berbagai subjek tergantung pada apa yang terjadi dalam bingkai, seperti seseorang memutar kepala untuk berbicara dengan orang lain.

Mode sinematik tidak sempurna, karena iPhone 13 terkadang membutuhkan waktu sedetik untuk mengenali subjek yang bergerak lebih cepat. Kelemahan yang lebih besar adalah bahwa mode ini dibatasi pada 1080p, karena Anda tidak dapat merekam mode Sinematik dalam 4K.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

apple Review gadget iPhone 13
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top