WhatsApp Rilis Fitur Enkripsi End to End untuk Pencadangan Obrolan

Ahmad Thovan Sugandi
Jumat, 15 Oktober 2021 | 14:32 WIB
Logo WhatsApp / whatsapp.com
Logo WhatsApp / whatsapp.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Facebook merilis fitur keamanan terbaru untuk aplikasi WhatsApp. Sebelumnya aplikasi kanal obrolan daring tersebut telah dilengkapi dengan sistem keamanan enkripsi end-to-end.

Sistem end-to-end diklaim dapat menjaga agara obrolan pengguna tidak dapat diakses oleh pihak lain termasuk WhatsApp. Sistem keamanan tersebut sudah terpasang otomatis sehingga tidak diperlukan pengaturan tambahan.

WhatsApp juga sejak lama telah menyediakan fitur pencadangan obrolan. Setiap obrolan dapat disimpan di Google Drive maupun iCloud.

Menurut WhatsApp, sebelumnya obrolan yang tersimpan secara daring belum dilengkapi oleh fitur keamanan enkripsi end-to-end. Hal itu menjadi keluhan sejumlah pengguna karena obrolan yang tersimpan justru bisa diakses oleh pihak lain.

Menyikapi hal itu, dilansir dari laman resmi Facebook, Jumat (15/10/2021), pihak WhatsApp merilis fitur keamanan baru berupa enkripsi end-to-end untuk obrolan yang tersimpan di Google Drive maupun iCloud.

Akses terhadap cadangan obrolan diamankan dengan sandi yang dapat ditentukan sendiri oleh pengguna. Selain itu masih ada 64 digit kunci enkripsi yang hanya diketahui oleh pengguna.

WhatsApp menjamin penyedia layanan penyimpanan maupun WhatsApp tak dapat mengakses kata kunci maupun membaca obrolan yang dicadangkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper