Canon Resmi Rilis Dua Lensa Super Telephoto, Cek Spesifikasinya!

Akbar Evandio
Minggu, 12 September 2021 | 13:55 WIB
Canon RF400mm F/2.8L IS USM dan RF600mm f/4L IS USM. /Canon
Canon RF400mm F/2.8L IS USM dan RF600mm f/4L IS USM. /Canon
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Perusahaan berbasis produk gambar dan optik asal Jepang, Canon melalui PT Datascrip sebagai distributor tunggal produk pencitraan digitalnya resmi menghadirkan dua seri lensa super telephoto.

Lensa yang dimaksudkan adalah RF400mm f/2.8L IS USM dan RF600mm f/4L IS USM.

Head of Marketing Division Canon Business Unit Datascrip Syailendra Kamdani mengatakan kedua lensa yang masuk lini lensa premium L series ini akan menjadi andalan para fotografer profesional yang mengutamakan kualitas gambar, performa, dan daya tahan yang optimal saat memotret.

“Dengan kehadiran dua lensa super telephoto ini makin menegaskan komitmen kami untuk terus mengembangkan ekosistem lensa RF demi memenuhi kebutuhan para penggemar fotografi di berbagai genre,” ujarnya lewat rilisnya, Minggu (12/9/2021)

Lebih lanjut, dia menjelaskan  lensa Canon RF400mm f/2.8L IS USM dan RF600mm f/4L IS USM mewarisi desain optic dan mekanis pada lensa Canon EF400mm f/2.8L IS III USM dan EF600mm f/4L IS III USM.

Mekanisme tersebut menjadikan kedua lensa RF ini memiliki memiliki bobot yang lebih ringan, serta peningkatan signifikan pada kualitas optik dibandingkan lensa generasi sebelumnya.

Dengan menggabungkan dua fluorite lens elements dan satu Super UD lens element, RF400mm f/2.8L IS USM dan RF600mm f/4L IS USM mampu mengoreksi aberasi kromatik dan menghasilkan tampilan kontras yang istimewa.

Bahkan, karakteristik RF mount yang memiliki diameter dudukan besar membuat jarak fokus minimum bisa lebih dekat yaitu 2,5m untuk RF400mm f/2.8L IS USM dan 4,2m untuk lensa RF600mm f/4L IS USM.

Canon turut menyertakan teknologi Air Sphere Coating (ASC) pada kedua lensa ini yang dapat secara efektif mengendalikan kemunculan efek ghosting dan flaring, bahkan ketika sumber cahaya yang kuat berada dalam bingkai.

Hal ini akan sangat bermanfaat saat situasi pemotretan yang berhadapan dengan arah datangnya cahaya, seperti saat memotret balap motor atau mobil ketika lampu depan kendaraan menyala.

Selain itu, kedua lensa super telephoto terbaru ini sudah dilengkapi dengan Image Stabilizer (IS) yang dapat mencapai 5,5 stop, yang juga akan sangat berguna saat melakukan pemotretan di kondisi minim cahaya.

Tidak hanya itu, lensa RF400mm f/2.8L IS USM dan RF600mm f/4L IS USM memiliki tiga mode IS yang dioptimalkan agar sesuai dengan gerakan subjek saat memotret.

“Mode 1 untuk subjek yang tidak bergerak, mode 2 ideal untuk bidikan panning, serta mode 3 untuk subjek dengan gerakan tidak teratur, seperti saat memotret pertandingan bola basket di mana pergerakan pemain tidak dapat diprediksi,” jelasnya.

Dia melanjutkan, lensa Canon RF400mm f/2.8L IS USM dan RF600mm f/4L IS USM didesain juga untuk kebutuhan perekaman video dengan memberikan kontrol pencahayaan yang lebih baik.

Penyebabnya, penyesuaian 1/8 stop pada mode Movie Shooting memungkinkan kecerahan diubah lebih mulus, dibanding dengan penyesuaian 1/3 stop yang diterapkan pada lensa EF.

Untuk keandalan dan daya tahan, kedua lensa ini didesain khusus dengan weather sealing untuk mencegah debu dan tetesan air masuk. Selain itu, RF400mm f/2.8L IS USM dan RF600mm f/4L IS USM dilapisi dengan pelindung warna putih yang ikonis, khas lensa telephoto profesional Canon.

Lapisan ini merupakan pelindung anti panas, tahan gores dan menjaga kualitas foto di berbagai kondisi dan cuaca.

Bagi pengguna yang membutuhkan jangkauan ekstra, kedua lensa super telephoto ini sudah kompatibel dengan extender RF yang ada, yaitu RF 1.4x dan RF 2x.

“Misal, jika RF600mm f/4L IS USM dipasangkan dengan extender RF 2x, pengguna dapat meraih focal length hingga 1200mm,” katanya.

Adapun terkait dengan harga, dia mengatakan perusahaan memasarkan lensa super telephoto Canon RF400mm f/2.8L IS USM dengan harga Rp224.000.000. Sedangkan, Canon RF600mm f/4L IS USM dengan harga Rp244.000.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Akbar Evandio
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper