Canon EOS R3, Kamera Profesional dengan Fitur Eye Control AF

Redaksi
Kamis, 2 November 2023 | 08:30 WIB
Canon EOS R3/Canon
Canon EOS R3/Canon
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Canon memiliki beragam kamera canggih untuk mendukung pekerjaan fotografer profesional yang membutuhkan bidikan cepat dan fokus. Salah satunya adalah Canon EOS R3, kamera mirrorless full-frame seri EOS R terbaru. 

Dikutip dari id.canon, Rabu (1/11/2023), EOS R3 didesain dengan sensor back-iluminated stacked CMOS 24,1 MP yang dipadukan prosesor DIGIC X yang menghasilkan pembacaan cepat untuk pengambilan gambar cepat, autofokus responsif, dan video low rolling-shutter.

Kamera ini juga memiliki electronic shutter yang mampu mengambil foto pada mode continuous shooting dengan resolusi hingga 30fps, termasuk pada fitur pelacakan Auto Focus dan Auto Exposure. 

Selain itu, teknologi Dual Pixel CMOS AF II memberikan kecepatan dan presisi AF yang baik.  EOS R3 juga menawarkan fitur Eye Control AF yang memungkinkan pengguna memiliih titik fokus menggunakan gerakan mata melalui Electronic View Finder (EVF).

Lebih cepat dari memindahkan titik fokus lewat tombol di kamera. Cukup gerakkan bola mata Anda ke arah subjek untuk menemukan fokus dengan cepat dan mudah.

Fungsi dari Auto fokus pada model terbaru Canon EOS ini dapat mendeteksi mobil dan sepeda motor yang bergerak cepat, bahkan untuk fokus yang lebih spesifik pada helm pengemudi. 

EOS R3 juga dilengkapi deteksi AF hingga EV -7.5, yang membantu pengguna fokus saat memotret dalam kondisi minim cahaya.

Canon EOS R3/Canon
Canon EOS R3/Canon


Kamera ini mengembangkan EOS iTR atau ntelligent Tracking & Recognition, AF X dengan teknologi deep-learning. Fitur barunya adalah Vehicle Priority AF. 

Dengan rentang ISO 100-102.400 yang dapat ditingkatkan hingga 204.800, sensor kamera baru ini dapat memotret dalam kondisi minim cahaya tanpa khawatir akan noise pada ISO tinggi.

Resolusi 24,1 megapiksel pada kamera ini 20% lebih tinggi dibanding EOS-1DX Mark III dan EOS R6, serta kinerja resolusinya melebihi EOS 5D Mark IV yang memiliki resolusi 30,4 megapiksel.

Untuk memenuhi kebutuhan video profesional, EOS R3 juga mampu merekam video dengan format 6K 60p RAW atau 4K 120p 10-bit tanpa crop. 

Pengguna juga bisa mendapatkan video 4K 60p dengan melakukan upsampling dari format 6K. Canon Log 3 dan HDR PQ 10bit 4:2:2 memberi fleksibilitas dan kemudahan pengguna dalam menyesuaikan berbagai alur kerja pascaproduksi.

Tak hanya itu, EOS R3 juga dilengkapi dengan  baterai LP-E19 berkapasitas besar 2700 mAH untuk menjamin kemampuan fotografi jangka panjang. Jika perlu, Anda juga dapat mengisi daya baterai di power bank yang mendukung Power Delivery (PD) melalui kabel USB-C yang kompatibel.

Oleh karena itu, bagian bodinya terbuat dari magnesium alloy dan dibuat tahan terhadap debu dan cipratan air, sehingga kamera ini sangat ideal untuk fotografer profesional yang suka memotret di lingkungan berbeda. 

Canon EOS R3 dibanderol dengan harga Rp117.370.000 (body only) di Indonesia. (Afaani Fajrianti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Redaksi
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper