Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cek Saturasi Oksigen di Android Bisa Banget, Ini 4 Aplikasinya

Dilansir dari laman resmi fossbytes.com, berikut ini beberapa aplikasi yang dipercaya dapat mengukur saturasi oksigen dalam tubuh selama isolasi mandiri
Newswire
Newswire - Bisnis.com 11 Juli 2021  |  08:03 WIB
Oxy meter
Oxy meter

Bisnis.com, JAKARTA - Kasus pasien yang terpapar Covid-19 terus mengalami peningkatan sehingga menyebabkan berbagai fasilitas kesehatan mulai langka, bahkan kehabisan stok.

Salah satu yang langka adalah tabung oksigen. Padahal alat ini sangat dibutuhkan oleh pasien Covid-19. Langkah terakhir yang dapat dilakukan ialah melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing bagi pasien yang hanya mengalami gejala ringan Covid-19.

Pasien Covid-19 juga disarankan untuk selalu memperhatikan saturasi oksigen, sebab salah satu indikator kesehatan seseorang menjadi lebih buruk ialah kurangnya kadar oksigen.

Biasanya untuk mengukur tingkat saturasi oksigen biasanya dengan oximeter. Namun, belakangan ini telah ada beberapa jenisnya aplikasi android yang diklaim dapat mengukur saturasi oksigen dalam tubuh. Dilansir dari laman resmi fossbytes.com, berikut ini beberapa aplikasi yang dipercaya dapat mengukur saturasi oksigen dalam tubuh selama isolasi mandiri:

1. Aplikasi CarePlix Vitals

Aplikasi CarePlix Vitals merupakan aplikasi rintisan CareNow Healthcare yang dipercaya dapat mengukur satuan oksigen seseorang. Pasalnya, saat dilakukan uji coba antara hasil aplikasi dan juga hasil oximeter yang diperoleh dari toko medis lokal. Ditemukan bahwa aplikasi ini menunjukkan hasil yang cukup akurat selama setiap pengujian. Ini menggunakan senter belakang ponsel untuk mendeteksi level SpO2.

2. Aplikasi MFine

MFine merupakan aplikasi yang memungkinkan seseorang dapat mengecek kadar oksigen dalam tubuh yang bisa diunduh untuk android melalui play store. Sebab dalam aplikasi ini dilengkapi dengan pemeriksa Spo2 terintegrasi dan masih dalam versi beta dalam artian perusahaan sedang meningkatkan teknologi Aplikasi tersebut.

Untuk cara pemakaiannya sendiri aplikasi ini masih memanfaatkan kamera ponsel dan juga cahaya senter. Dan pada saat dilakukan pengujian antara hasil dari aplikasi dan juga hasil oximeter yang diperoleh dari toko medis lokal maka ditemukan hasil yang mendekati antara keduanya meski dilakukan pengujian berulangkali.

3. Aplikasi Blood oxygen

Blood oxygen merupakan aplikasi yang bermanfaat untuk memantau tingkat oksigen darah serta detak jantung. Untuk pemantauan SpO2, aplikasi akan meminta pengguna untuk memeriksa pola pernapasan melalui fungsi start/stop. Tidak ada proses pendaftaran dan pengguna dapat menggunakannya secara langsung.

Setelah tes pernapasan, ini memberikan rentang yang mungkin tidak jelas bagi pengguna. Aplikasi harus digunakan untuk referensi pribadi saja.

4. Aplikasi Pulse Oximeter Tracker

Sama dengan aplikasi lainnya, Pulse Oximeter Tracker merupakan aplikasi yang memungkinkan seseorang dapat melacak satuan oksigen dalam darah seseorang atau SpO2.

Aplikasi ini hanya memungkinkan penggunanya untuk melacak data yang direkam secara teratur dan tidak untuk memantau kadar oksigen. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik pengguna harus menambahkan data ke platform secara manual yang dapat dilihat dalam tampilan statistik yang rapi.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

android oksigen Covid-19 isolasi mandiri

Sumber : Tempo

Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top