Penjualan Produk Elektronik - Groceries Tokopedia Naik Dua Kali Lipat Lebaran 2024

Rika Anggraeni
Kamis, 25 April 2024 | 21:35 WIB
Warga mengakses aplikasi Tiktok di Jakarta. Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Warga mengakses aplikasi Tiktok di Jakarta. Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Tokopedia mengungkap kategori barang sehari-hari (groceries) dan produk elektronik menjadi produk yang paling laris terjual selama periode Ramadan dan Lebaran 2024.

Direktur Corporate Affairs Tokopedia Nuraini Razak mengatakan bahwa penjualan terlaris pada kategori groceries juga terjadi seperti tahun lalu. Adapun persentase groceries terhadap produk lain tidak mencapai 50%.

“Kategori yang paling laris di Tokopedia secara nasional sepanjang Ramadan dan Lebaran 2024 adalah groceries, tahun lalu juga sama [kategori] groceries,” kata Nuraini dalam acara Media Gathering Halalbihalal Bersama Tokopedia dan Shop Tokopedia di Jakarta, Kamis (25/4/2024).

Nuraini mengatakan bahwa kategori produk yang paling laris lainnya di Tokopedia adalah rumah tangga dan fashion.  Dia menyampaikan bahwa kedua kategori ini juga memiliki tren yang sama seperti tahun sebelumnya.

“Penjualan produk groceries dan elektronik masing-masing mengalami kenaikan penjualan hampir 2 kali lipat selama kampanye Ramadan Ekstra Seru berlangsung di Tokopedia sepanjang 23 Februari—5 April 2024 dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Sedangkan produk fashion melonjak hampir 2,5 kali lipat,” tambahnya.

Jika dibedah secara regional, Nuraini menuturkan bahwa kategori yang paling laris di Tokopedia di Pulau Sumatra dan Pulau Jawa adalah berupa groceries, rumah tangga, dan fashion. Sedangkan produk elektronik, groceries, dan rumah tangga menjadi kategori yang paling laris terjual di Pulau Kalimantan.

Sementara itu, produk yang paling laris terjual di Pulau Sulawesi adalah groceries, elektronik, dan fashion. Sedangkan produk yang paling laris di Pulau Papua adalah elektronik, groceries, dan olahraga dan hobi.

Berbeda dengan yang terjadi pada aplikasi Tokopedia, Nuraini menuturkan bahwa produk fashion muslim perempuan, skincare atau perawatan wajah, dan makanan menjadi kategori yang paling laris di Shop Tokopedia dalam aplikasi TikTok sepanjang Ramadan—Lebaran 2024.

TikTok melalui Shop Tokopedia juga mencatat penjualan rata-rata pelaku usaha yang mengikuti kampanye Ramadan Ekstra Seru naik lebih dari 3 kali lipat dibandingkan rata-rata mingguan pada Februari 2024.

Mengacu data Similarweb, Nuraini mengatakan bahwa Tokopedia memiliki pengguna aktif bulanan lebih dari 100 juta di platform Tokopedia. Sementara itu, tambah dia, pengguna TikTok mencapai sekitar 125 juta.

“Tokopedia mempunyai lebih dari 100 juta pengguna dan pengguna TikTok lebih dari 125 juta, mudah-mudahan yang selama ini nggak punya akses ke Tokopedia maupun yang pakai Tokopedia yang belum pernah belanja di Shop Tokopedia, malah jadi bisa belanja di dua tempat,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rika Anggraeni
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper