Apple Siap Rilis MacBook Pro Baru, Ini Bocoran Spesifikasinya

Farid Firdaus
Rabu, 19 Mei 2021 | 06:17 WIB
Siluet karyawan yang menggunakan masker di depan logo Apple Inc. yang ditutup sementara karena corona virus di Ginza Tokyo, Jepang, Minggu (15/3/2020). Bloomberg/ Toru Hanai
Siluet karyawan yang menggunakan masker di depan logo Apple Inc. yang ditutup sementara karena corona virus di Ginza Tokyo, Jepang, Minggu (15/3/2020). Bloomberg/ Toru Hanai
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Apple Inc. bersiap meluncurkan beberapa laptop dan desktop Mac baru dengan prosesor yang lebih cepat, desain baru, dan konektivitas yang ditingkatkan ke perangkat eksternal.

Melansir Bloomberg, Rabu (19/05/2021), Apple juga akan mempercepat upaya untuk mengganti chip Intel Corp. sehingga menyalip produsen PC kompetitornya.

Perombakan pada produk anyar termasuk laptop kelas atas Apple, yakni MacBook Pro, laptop yang ditujukan untuk pasar massal, yaitu MacBook Air, dan komputer desktopnya, seperti Mac Pro, iMac, dan Mac mini.

Menurut sumber Bloomberg, MacBook Pro yang didesain ulang diharapkan untuk meluncur segera pada awal musim panas ini, diikuti oleh MacBook Air yang dirubah, MacBook Pro kelas bawah baru dan workstation Mac Pro baru.

Apple turut mengerjakan desain desktop Mac mini kelas atas dan iMac yang lebih besar. Produk-produk anyar ini bakal menampilkan prosesor yang dirancang sendiri dan akan jauh melebihi kinerja dan kemampuan chip M1 saat ini.

Apple berencana untuk meluncurkan MacBook Pro yang didesain ulang dalam ukuran 14 inci (nama kode J314) dan layar 16 inci (J316).  Perangkat ini akan memiliki chassis yang didesain ulang, pengisi daya MagSafe magnetis, dan lebih banyak port untuk menghubungkan drive dan perangkat eksternal.

Adapun Apple juga menghadirkan kembali port HDMI dan slot kartu SD, yang telah terpasang di versi sebelumnya. Hal ini memicu kritik dari para fotografer.

Pengiriman PC telah melonjak 32 persen pada kuartal pertama tahun ini. Gartner Inc. mengatakan bulan lalu, pertumbuhan tersebut merupakan pertumbuhan tercepat Apple secara tahunan sejak perusahaan masuk ke pasar pada tahun 2000.

Apple tercatat sebagai penjual utama keempat dengan 15 persen pasar AS, meningkat dari 12 persen pada kuartal tahun sebelumnya, dan 8 persen secara global.

Lini produk Mac telah menjadi kontributor yang berkembang bagi pendapatan Apple, yakni menghasilkan US$9,1 miliar selama Januari-Maret tahun ini atau 10 persen dari total penjualan.

Pada musim gugur lalu, Apple mulai mengganti prosesor Intel dengan chip M1, berdasarkan teknologi yang sama di iPhone dan iPad. Chip ini dinilai mengambi lebih sedikit daya dan membiarkan Mac menjalankan aplikasi yang sama dengan perangkat seluler.

Untuk MacBook Pro baru, Apple merencanakan dua chip berbeda, dengan nama kode Jade C-Chop dan Jade C-Die. Keduanya menyertakan delapan core berkinerja tinggi dan dua core hemat energi dengan total 10, tetapi akan ditawarkan dalam 16 core atau 32 variasi inti grafis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Farid Firdaus
Editor : Farid Firdaus
Sumber : Bloomberg
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper