Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

WhatsApp Janji Tak Akan Hapus Akun yang Tunda atau Tolak Pembaruan, Tapi...

WhatsApp Menegaskan fungsi dalam platform akan mulai dibatasi dan akan dipulihkan jika pengguna setuju pembaruan kebijakan. Pembatasan berupa pengguna yang tidak akan bisa mengakses chat list, tapi masih bisa menerima panggilan suara dan panggilan video yang masuk.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 10 Mei 2021  |  05:13 WIB
Ilustrasi penggunaan WhatsApp Web di laptop  -  Bisnis / Feni Freycinetia
Ilustrasi penggunaan WhatsApp Web di laptop - Bisnis / Feni Freycinetia

Bisnis.com, JAKARTA -  WhatsApp memastikan tak satupun akun pengguna yang langsung kehilangan fungsinya, apalagi sampai terhapus, jika tidak menerima pembaruan kebijakan privasi yang diberlakukan di platformnya mulai 15 Mei mendatang.

Ini mengoreksi keterangan pada Februari lalu ketika WhatsApp mengumumkan menunda rencana pembaruan itu menyusul kehebohan yang terjadi.

"Jika Anda belum juga menerimanya pada 15 Mei nanti, WhatsApp tidak akan menghapus akun Anda tapi bagaimanapun fungsinya tidak akan penuh lagi hingga Anda setuju pembaruan," bunyi pernyataan WhatsApp di blog resminya.

Dalam keterangan terbarunya, WhatsApp menyatakan kalau telah selama beberapa minggu memberi notifikasi yang menyediakan lebih banyak informasi tentang pembaruan kebijakan itu.

Seperti diketahui, pembaruan kebijakan privasi disebut WhatsApp hanya dilakukannya untuk opsi WhatsApp Bisnis. Aplikasi besutan Facebook ini menegaskan pesan percakapan pribadi tetap dengan enkripsi end-to-end.

"Setelah memberi setiap orang waktu untuk me-review, kami akan melanjutkan mengingatkan kepada mereka yang belum sempat melakukannya, untuk membaca dan menerimanya," kata WhatsApp sambil menambahkan, "Setelah beberapa minggu kemudian tak berubah, pesan pengingat yang diberikan barulah akan menjadi persisten."

Pada saat itulah, fungsi dalam platform akan mulai dibatasi dan akan dipulihkan jika pengguna setuju pembaruan kebijakan. Pembatasan berupa pengguna yang tidak akan bisa mengakses chat list, tapi masih bisa menerima panggilan suara dan panggilan video yang masuk.

Setelah beberapa minggu lagi berlalu dengan fungsi yang terbatas, pengguna kemudian menjadi tak bisa bisa menerima panggilan atau notifikasi yang masuk dan WhatsApp akan berhenti mengirim pesan dan panggilan yang tertuju kepada pengguna.

"Jika Anda butuh bantuan mengunduh laporan akun atau menghapus akun, Anda bisa kontak kami. Tapi WhatsApp tidak akan menghapus akun kalaupun Anda tidak mau menerima pembaruan kebijakan."

WhatsApp mengingatkan pengguna untuk mempertimbangkan ulang jika berencana menghapus sendiri akunnya di Android, iPhone ataupun KaiOS. Alasannya, sekali dihapus seluruh message history tak akan bisa dipulihkan. "Akan menyingkirkan Anda dari seluruh grup WhatsApp, dan menghapus WhatsApp backup."


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

facebook whatsapp update

Sumber : Tempo

Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top