Makin Mudah dan Murah, Pengiriman Parsel di Paxel Tumbuh 30 Persen

Leo Dwi Jatmiko
Jumat, 7 Mei 2021 | 23:42 WIB
Ilustrasi jasa kurir
Ilustrasi jasa kurir
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Paxel, perusahaan pengiriman barang berbasis teknologi, menyatakan jumlah pengiriman parsel pada Ramadan 2021 meningkat sekitar 30 persen dibandingkan dengan Ramadan 2020.

Co-founder Paxel Zaldy Ilham Masita mengatakan peningkatan tersebut didorong oleh proses pengiriman bingkisan lebaran yang semakin mudah dan murah dari perseroan.

“Peningkatan dari Ramadan 2020 sekitar 30 persen. Faktor yang paling besar adalah makin mudahnya pengiriman bingkisan lebaran dan makanan dari daerah ke kota-kota besar, dengan waktu yang cepat dan biaya yang murah,” kata Zaldy kepada Bisnis, Jumat (7/5/2021).

Zaldy menambahkan pengiriman parsel atau bingkisan sudah menjadi kebiasaan orang Indonesia sejak lama. Hadirnya larangan mudik bukanlah menjadi penyebab utama pengiriman parsel menjadi meroket pada tahun ini. Tanpa adanya larangan mudik pun, pengiriman parsel diyakininya akan tetap marak.

Meski demikian, sebut Zaldy, larangan mudik membuat pengiriman parsel yang biasanya hanya terbatas di dalam kota saja menjadi tersebar sampai luar kota.

Berdasarkan data yang dimiliki Paxel, pengiriman bingkisan dari luar Jakarta ke Jakarta jauh lebih besar daripada dari Jakarta ke luar Jakarta.

“Hal ini mungkin karena bingkisan lebaran yang dikirimkan dari keluarga di daerah kepada relasi di Jakarta atau kota besar, karena tidak bisa mudik,” kata Zaldy.

Zaldy menuturkan fenomena ini sangat positif untuk daerah karena ekonomi di daerah tumbuh. Banyak UMKM di daerah yang bisa berjualan makanan atau bingkisan ke kota-kota besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper