Xiaomi Sedang Kembangkan Smartphone dengan Kamera 200MP

Syaiful Millah
Selasa, 27 April 2021 | 12:13 WIB
Xiaomi 200 megapixel camera/istimewa
Xiaomi 200 megapixel camera/istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan asal China, Xiaomi, terus mengembangkan teknologi mutakhir di bidang fotografi ponsel. Kendati Huwei telah menduduki puncak DxOMark untuk beberapa waktu, Xiaomi mengambil gelar tersebut. 

Raksasa teknologi asal China itu harus berupaya keras untuk mempertahankan gelarnya dengan mengembangkan teknologi mereka. Setelah meluncurkan ponsel dengan sensor Samsung GN2 yang terbesar di dunia, perusahaan juga mengembangkan fitur lain. 

Dilansir Gizhina, Selasa (27/4) seorang blogger ternama di platform jejaring sosial Weibo menyatakan ada pabrikan ponsel yang mengembangkan ponsel dengan sensor kamera 200 megapiksel (MP). Diprediksi pabrikan itu adalah Xiaomi. 

Berdasarkan postingan sebelumnya, sensor kamera 200MP itu merupakan sensor dari Samsung yang memiliki piksel satuan jauh lebih kecil dari yang ada sebelumnya pada produk GN2. Dengan demikian, sensor akan jauh lebih baik daripada Isocell GN2. 

Sebagai informasi, Samsung Isocell GN2 merupakan kelanjutan dari GN1 dengan peningkatan kinerja yang lebih hemat daya. Sensor juga memiliki teknologi PDAF yang sama sekali baru, disebut Dual Pixel Pro. 

Ukuran sensornya sebesar 1/1,12. Ini memiliki piksel berukuran 1,4 yang dapat menghasilkan foto sangat detail dalam pengaturan normal. Saat memotret lingkungan dengan cahaya redup, kamera menggunakan teknologi binning empat piksel. 

Karena pengaturan ulang piksel warna, sensor dapat mengambil foto hingga 100MP. Spesifikasi lain dari Samsung Isocell GN2 termasuk Smart ISO Pro untuk membuat gambar HDR instan serta kemampuan perekaman video hingga 4k 120fps. 

Adapun, Laporan dari Gizchina sebelumnya menyatakan beberapa pembuat smartphone tengah mengerjakan ponsel yang didukung dengan kamera sensor 200MP. Salah satunya adalah ZTE Axon 30 Pro yang memiliki konfigurasi tersendiri. 

Hingga saat ini, ponsel pintar atau smartphone paling tinggi memiliki kamera dengan resolusi 108MP yang telah tersemat pada sejumlah produk dari para vendor termasuk Xiaomi, Samsung, Realme, dsb. Bukan tidak mungkin, ke depannya kita akan segera melihat ponsel yang bisa memotret foto hingga 200MP. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Syaiful Millah
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper