Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Huawei Turun Tahta, Samsung dan Apple Punya Rival Baru

Berdasarkan data Strategy Analytics, Huawei terlempar dari posisi lima besar pada kuartal awal tahun ini.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 21 April 2021  |  07:36 WIB
Ponsel lipat Xiaomi pertama Mi Mix Fold. - Youtube
Ponsel lipat Xiaomi pertama Mi Mix Fold. - Youtube

Bisnis.com, JAKARTA – Samsung dan Apple sebagai penguasa pangsa pasar ponsel pintar dunia tampaknya harus mengantisipasi lahirnya rival lain, setelah Huawei harus bertekuk lutut akibat sanksi yang diberikan Amerika Serikat.

Masih dari China, dilansir phoenarena, Rabu (21/4/2021), rival yang akan menantang dominasi Samsung dan Apple adalah Xiaomi. Perusahaan ini bahkan mencatatkan penjualan hampir dua kali lipat menjadi 49 juta unit pada kuartal I/2021.

Berdasarkan data Strategy Analytics, Xiaomi saat ini berada di peringkat ketiga sebagai manufaktur ponsel pintar terbesar di dunia pada kuartal I/2021. Perusahaan asal China dengan cepat melakukan ekspansi di Eropa, Amerika Latin, dan Afrika, sembari mempertahankan dominasinya di China dan India.

Posisi pertama masih dipegang oleh Samsung dengan penjualan sebanyak 77 juta unit dan pangsa pasar mencapai 23 persen. Kesuksesan Samsung didorong oleh kinerja penjualan yang kuat untuk seri Galaxy S21 yang diluncurkan pada kuartal awal tahun ini. 

Sebaliknya, peringkat kedua ditempati oleh Apple dengan penjualan 57 juta unit dan pangsa pasar sebesar 49 persen. Apple menikmati posisi kedua dengan peningkatan pasar sebesar 44 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu berkat kuatnya penjualan iPhone 12.

Posisi keempat dan kelima ditempati oleh OPPO dan Vivo, dua perusahaan yang tidak dikenal di Amerika Serikat dan Eropa. Meskipun demikian, kedua ponsel ini memiliki permintaan kuat di pasar Asia dan China.

Sementara itu, Huawei terlempar dari posisi lima besar pada kuartal awal tahun ini.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gadget xiaomi
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top