Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

OPPO Luncurkan A74 5G, Ponsel Pertama Berjaringan 5G. Ini Spesifikasi dan Harganya

Berbekal Super Power Saving Mode, OPPO A74 5G disebutkan dapat menerapkan serangkaian strategi penghematan daya.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 24 April 2021  |  13:18 WIB
OPPO A74 (CPH2219) - oppo.com
OPPO A74 (CPH2219) - oppo.com

Bisnis.com, JAKARTA - OPPO telah memperkenalkan perangkat 5G anyarnya di Indonesia, yakni OPPO A74 5G. Kehadiran ponsel cerdas ini merupakan salah satu bentuk dukungan terhadap ekosistem 5G di Indonesia.

OPPO A74 5G menjadi perangkat lini seri A pertama yang dilengkapi jaringan 5G. Perangkat ini diklaim sebagai pengusung pertama prosesor Qualcomm Snapdragon 480 5G di Indonesia yang menghadirkan peningkatan 100 persen dibanding prosesor generasi sebelumnya.

Platform Qualcomm Snapdragon 480 5G menghadirkan 2 x 2.0 GHz ARM Cortex-A76 CPU dan 6 x 1.8 GHz ARM Cortex-A55. Di sektor grafis, perangkat ini dilengkapi dengan GPU 650 MHz Adreno 619.

Keberadaan prosesor ini membuat OPPO A74 5G dapat mengunduh film atau file penting hanya dalam  hitungan detik.

Ditambah dengan dukungan mode ganda 5G, OPPO A74 5G mendukung jaringan Standalone (SA) dan Non-Standalone (NSA). Hal itu memudahkan pengguna untuk tetap dapat menggunakan ponsel setelah operator beralih ke jaringan SA tanpa harus membeli perangkat baru.

Desain Ramping

Perangkat ini memiliki desain ramping dengan ketebalan bodi 8,42mm dan berat 190 gram. Penutup baterainya memiliki desain 3D curved, yang memberikan kesan tipis dan modern. Penutup ini memiliki ketebalan 0,55mm.

Sedangkan layar ponsel ini disebut dapat membuang panas melalui kehadiran pelat grafit setipis 0,1mm yang juga memperkuat perlindungan komponen strukturalnya.

OPPO A74 5G dilengkapi baterai besar 5000MAh dengan masa pakai satu setengah hari. OPPO juga melengkapi perangkat ini dengan pengisian daya Fast Charging 18W, yang dapat mengisi daya ponsel 68 persen hanya dalam waktu 60 menit.

Berbekal Super Power Saving Mode, OPPO A74 5G disebutkan dapat menerapkan serangkaian strategi penghematan daya termasuk menyesuaikan lampu latar, mengurangi penggunaan CPU, dan menerapkan serangkaian opsi manajemen daya.

Super Nighttime Standby bekerja sangat cepat untuk mengurangi konsumsi daya ponsel. Fitur ini mempelajari kebiasaan tidur pengguna sehingga hanya 2 persen daya ponsel yang dikonsumsi pada malam hari dalam siklus tidur 8 jam.

Multi-Cooling System

Untuk mengurangi panas berlebihan ketika digunakan pada jaringan 5G, OPPO A74 5G dilengkapi Multi-Cooling System dengan menggunakan beberapa tabung grafit tebal. Sistem ini membuat pembuangan panas lebih efisien sekaligus memungkinkan OPPO A74 5G untuk mengontrol suhu secara mandiri.

OPPO A74 5G menawarkan layar LCD 90Hz Hyper Color Screen 6.49 inci dengan desain single punch hole yang memiliki resolusi FHD dan rasio layar 90,5 persen.

OPPO A74 5G juga memiliki kecepatan refresh rate 90Hz dan 180Hz touch sampling rate guna memberikan respons sentuhan lebih baik, terutama saat digunakan bermain game atau berselancar di laman media sosial.

Selain itu, OPPO A74 5G dilengkapi fitur All-day AI Eye Comfort. Fitur iniakan mengurangi cahaya biru pada layar guna mencegah ketegangan pada mata.

Sunlight Screen menawarkan visibilitas terbaik untuk layar smartphone saat berada di bawah terik sinar matahari. Sedangkan Moonlight Screen secara otomatis mengurangi tingkat kecerahan layar hingga 2 nits pada lingkungan rendah cahaya atau malam hari.

48MP AI Quad Camera

Untuk merekam momen kebersamaan, OPPO A74 5G didukung dengan 48MP AI Quad Camera. Peranti ini mencakup kamera utama 48MP, kamera sudut lebar 8MP, kamera hitam-putih (mono) 2MP, dan kamera makro 2MP serta kamera depan 16MP untuk mengambil swafoto.

Kamera utama memiliki resolusi 48MP yang memberikan kemampuan resolusi gambar sangat tinggi dan menggunakan algoritma resolusi super guna menghasilkan 108MP Ultra-Clear Image dengan kejernihan setingkat retina.

Fitur AI Scene Enhancement 2.0 akan mencerahkan dan meningkatkan bidikan dengan mengenali setiap skenario dan menyesuaikan saturasi warna dan kontras.

"Kesemuanya dilakukan internal di dalam OPPO A74 5G tanpa post-processing dengan bantuan perangkat lunak pihak ketiga," ujar keterangan di situs we Oppo.

Fitur AI Beautification pada perangkat ini dapat mengidentifikasi wajah kemudian mempercantik riasan pengguna sesuai dengan lingkungan sekitarnya.

Sedangkan Ultra-Night Mode hadir untuk mengakomodasi kebutuhan pengambilan foto pada malam hari. Sementara itu, Stylishing Filters mewadahi 15 filter untuk meningkatkan warna atau untuk mencerahkan kulit.

Kapasitas Memori dan Harga

OPPO A74 5G menyediakan kapasitas penyimpanan besar dengan memori 6GB LPDDR4X dan penyimpanan internal 128GB.

OPPO A74 5G dijual dengan harga resmi Rp3.699 juta.

Ponsel cerdas ini tersedia dalam dua warna Fluid Black dan Space Silver.

Harap dicatat, OPPO A74 5G hanya akan dijual secara daring melalui Shopee.co.id mulai 23 April 2021.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gadget oppo
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top