Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Xiaomi Mi 11 Lite 5G Jadi Smartphone Pertama Usung Snapdragon 780G

Xiaomi merilis teaser resmi untuk perangkat smartphone anyarnya, Mi 11 Lite 5G yang bakal menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 780G.
Syaiful Millah
Syaiful Millah - Bisnis.com 29 Maret 2021  |  17:45 WIB
Xiaomi Mi 11 Lite 5G. Snapdragon 780G diklaim tidak akan bermasalah karena intinya menggunakan Cortex A78 yang sudah terkenal memiliki keseimbangan tenaga dan temperatur.   - Xiaomi
Xiaomi Mi 11 Lite 5G. Snapdragon 780G diklaim tidak akan bermasalah karena intinya menggunakan Cortex A78 yang sudah terkenal memiliki keseimbangan tenaga dan temperatur. - Xiaomi

Bisnis.com, JAKARTA - Xiaomi merilis teaser resmi untuk perangkat smartphone anyarnya, Mi 11 Lite 5G yang bakal menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 780G. 

Dengan demikian, ponsel pintar dari perusahaan asal China itu akan menjadi perangkat yang pertama menggunakan system on chip terbaru dari Qualcomm, yang belum lama diumumkan ke publik. 

Dilansir dari Gizchina, Senin (29/3/2021), Snapdragon 780G adalah prosesor kedua dari perusahaan pembuat cip yang menggunakan teknologi berfabrikasi 5 nanometer, setelah Snapdragon 888. 

Prosesor itu menggunakan skema 1 + 3 di mana CPU dibagi menjadi tiga klaster dengan tiga inti berkinerja normal dan satu inti berkinerja tinggi, tetapi beroperasi pada frekuensi yang lebih rendah dibanding prosesor paling gaharnya. 

Sebelumnya, Snapdragon 888 memiliki Super Cortex X1 yang merupakan inti dengan kinerja bertenaga tinggi. Akan tetapi, ini juga dikabarkan menjadi sumber masalah konsumsi daya dan tingginya suhu prosesor. 

Adapun Snapdragon 780G diklaim tidak akan bermasalah karena intinya menggunakan Cortex A78 yang sudah terkenal memiliki keseimbangan tenaga dan temperatur. 

Gizchina melaporkan bahwa penggunaan 780G pada Mi 11 Lite 5G dipilih karena dengan begitu, Xiaomi tidak memerlukan inovasi yang signifikan pada subsistem pendingin perangkat, yang biayanya tidak murah. 

Sementara itu, menurut data resmi Qualcomm, performa CPU Snapdragon 780G diklaim 45 persen lebih cepat dari pendahulunya yang tak lain adalah Snapdragon 768G. 

Selain itu, GPU Adreno 642 yang digunakan juga dinyatakan 50 persen lebih cepat ketimbang GPU Adreno 620 yang ada pada prosesor 768G. Dengan kombinasi ini, performanya bakal mendongkrak smartphone kelas menengah dengan cukup signifikan. 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

smartphone xiaomi
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top