Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

8 Destinasi Keren Mars yang Bisa Dijelajahi Turis Masa Depan

Mars adalah tempat aneh yang disebut garis lereng berulang, yang cenderung terbentuk di sisi curam kawah saat cuaca hangat.
Hanafi Nurmahdi
Hanafi Nurmahdi - Bisnis.com 22 Maret 2021  |  18:40 WIB
Permukaan Planet Mars yang dilaporkan dari kendaraan jelajah Curiosity. - Ilustrasi/www.nasa.gov
Permukaan Planet Mars yang dilaporkan dari kendaraan jelajah Curiosity. - Ilustrasi/www.nasa.gov

Bisnis.com, JAKARTA - Mars adalah planet yang sangat kontras dan juga memiliki gunung berapi besar, ngarai yang dalam, dan kawah tempat menampung air mengalir atau tidak.

Mars bisa menjadi lokasi yang luar biasa untuk dijelajahi turis masa depan, setelah kita menjadi koloni pertama di planet merah.

Planet ini juga menjadi misi masa depan dan kemungkinan butuh daratan datar untuk keamanan dan alasan praktis. Mungkin manusia juga dapat mendarat beberapa hari setelah berkendara melewati batuan yang lebih menarik. Berikut adalah beberapa lokasi yang bisa dikunjungi oleh penduduk Mars di masa depan.

1. Olympus Mons

Olympus Mons adalah gunung berapi paling ekstrim di tata surya. Lokasi ini terletak di wilayah vulkanik Tharsis, ukurannya hampir sama dengan negara bagian Arizona, menurut NASA. Ketinggiannya mencapai 16 mil (25 kilometer) membuatnya hampir tiga kali tinggi Gunung Everest di bumi, yang tingginya sekitar 5,5 mil (8,9 kilometer).

Olympus Mons adalah gunung berapi perisai raksasa, yang terbentuk setelah lava turun perlahan ke kawah melewati lereng. Ini artinya gunung tersebut mungkin mudah dijelajahi dengan mendaki di masa depan, karena rata-rata kemiringan hanya 5 persen.

Di puncaknya terdapat perasaan depresi yang spektakuler selebar 53 mil (85 kilometer), yang terbentuk oleh ruang magma yang kehilangan lava (kemungkinan selama letusan) dan runtuh.

destinasi wisata planet mars

2. Tharsis Volcanoes

Saat kalian mendaki di sekitar Olympus Mons, layak untuk melekatkan diri untuk melihat beberapa gunung berapi lain di wilayah Tharsis. Tharsis menampung 12 gunung berapi raksasa di zona selebar sekitar 2.500 mil (4000 kilometer), menurut NASA.

Seperti Olympus Mons, gunung berapi ini cenderung jauh lebih besar daripada yang ada di Bumi, mungkin karena Mars memiliki tarikan gravitasi yang lebih lemah yang memungkinkan gunung berapi tumbuh tinggi. Gunung berapi ini mungkin telah meletus selama 2 miliar tahun, atau setengah dari sejarah Mars.

Gambar ini menunjukkan wilayah timur Tharsis, seperti yang digambarkan oleh Viking 1 pada tahun 1980. Di kiri, dari atas kebawah, kamu bisa melihat tiga gunung berapi perisai yang kurang lebih tingginya 16 mil (25 kilometer): Ascraeus Mons, Pavonis Mons, dan Arsia Mons. Di kanan atas adalah gunung berapi perisai lainnya yang disebut Tharsis Tholus.

tharsis volcanos planet mars wisata

1 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

planet mars planet mars
Editor : Novita Sari Simamora

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top