Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ada Pesan Rahasia di Mobil Robotik NASA yang Mendarat di Planet Mars, Apa Itu?

Mereka mengklaim bahwa frasa "Berani hal-hal perkasa" digunakan sebagai moto oleh Jet Propulsion Laboratory NASA dikodekan pada parasut menggunakan pola yang mewakili huruf sebagai kode komputer biner.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 24 Februari 2021  |  08:24 WIB
Mobil robotik Perseverance NASA
Mobil robotik Perseverance NASA

Bisnis.com, JAKARTA - Detektif internet mengklaim telah memecahkan kode pesan tersembunyi yang ditampilkan di parasut yang membantu Perseverance Rover NASA mendarat dengan selamat di Mars minggu lalu.

Mereka mengklaim bahwa frasa "Dare mighty things" digunakan sebagai moto oleh Jet Propulsion Laboratory NASA dikodekan pada parasut menggunakan pola yang mewakili huruf sebagai kode komputer biner.

Pengguna Reddit dan poster media sosial di Twitter memperhatikan bahwa pola merah-putih pada parasut tampak disengaja, dan sampai pada hasilnya dengan menggunakan warna merah untuk mewakili angka satu, dan putih untuk mewakili nol.

Setiap cincin konsentris di pola parasut mewakili salah satu kata. Bilangan nol dan satu perlu dipecah menjadi potongan-potongan 10 karakter, dan dari itu, menambahkan 64 memberi Anda kode ASCII komputer yang mewakili sebuah huruf. Misalnya, tujuh garis putih, satu garis merah dan kemudian dua garis putih lagi mewakili 0000000100, biner untuk empat. Menambahkan 64 sehingga menghasilkan 68, kode ASCII untuk huruf D.

Pola di tepi luar parasut juga diyakini mewakili 34 ° 11'58 "N 118 ° 10'31" W, kode geolokasi untuk Jet Propulsion Laboratory, yang melakukan banyak pekerjaan pada Ketekunan.

Asal muasal frasa ini adalah pidato tahun 1899 oleh Theodore Roosevelt, di mana dia berkata: “Jauh lebih baik untuk berani menghadapi hal-hal yang perkasa, memenangkan kemenangan yang gemilang, meskipun gagal, daripada mengambil peringkat dengan roh-roh malang yang tidak menikmati banyak atau banyak menderita, karena mereka hidup di senja kelabu yang tidak mengenal kemenangan atau kekalahan. " demikian dilansir dari Guardian.

NASA sebelumnya telah menggunakan frasa tersebut terkait dengan misi Mars-nya. Pada 2013 itu mengeluarkan video trailer dari misi penjelajah Curiosity berjudul “Dare mighty things”. Misi saat ini juga menggunakan frasa dalam tweet yang menandai pendaratan yang sukses.

Kain berteknologi tinggi yang menyusun parasut dibuat di Devon, menekankan sifat internasional dari upaya membawa Ketekunan ke planet merah. Heathcoat Fabrics of Tiverton mengatakan "sangat, sangat bangga dengan pencapaian", dengan direktur departemen kain tenun perusahaan, Peter Hill, mengatakan itu mewakili 15 tahun kerja.

Direktur teknis perusahaan, Richard Crane, mengatakan ini adalah momen yang sangat emosional

"Ketika Anda tahu bahwa jutaan orang di seluruh dunia menahan napas, menunggu berita tentang gol yang sukses, dan bagian dari kesuksesan itu adalah hingga upaya tim fantastis kami di sini di Tiverton," ujarnya.

Ini bukan satu-satunya pesan tersembunyi yang dibawa oleh Perseverance Rover. Di antara "Telur Paskah" yang dipasang NASA di kendaraan itu terdapat microchip khusus yang membawa 10,9 juta nama dan 155 esai yang dikirim ke badan antariksa sebagai bagian dari kompetisi untuk mengirim nama ke Mars atau menamai penjelajah itu sendiri.

Kendaraan itu juga membawa referensi ke pandemi Covid, yang telah memengaruhi persiapan dan jalannya misi di Bumi. Pelat aluminium di kendaraan penjelajah membawa gambar Tongkat Asclepius, simbol Yunani kuno untuk penyembuhan dan pengobatan, menopang Bumi, untuk menghormati pekerjaan pekerja medis garis depan selama pandemi.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

nasa planet mars
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top