Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Foto Pertama Permukaan Mars Hasil Jepretan Mobil Robotik NASA

Foto tersebut diambil menggunakan hazcams atau alat fotografi terdiri dari enam lensa, yang dipasang di bagian depan dan belakang penjelajah antariksa (rover) itu.
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 19 Februari 2021  |  12:20 WIB
Ini Foto Pertama Permukaan Mars Hasil Jepretan Mobil Robotik NASA
Perseverance
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Robot luar angkasa milik Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) Perseverance mengirimkan foto pertamanya pasca mendarat di permukaan Mars, Kamis (18/2/2021).

Melansir Live Science, Jumat (19/2/2021), foto tersebut diambil menggunakan hazcams atau alat fotografi terdiri dari enam lensa, yang dipasang di bagian depan dan belakang penjelajah antariksa (rover) itu.

Ada 2 foto yang diambil. Pertama berasal dari salah satu bagian depan hazcam dan gambar kedua di bagian belakang. Foto tersebut merupakan gambaran Kawah Jezero di Planet Mars. Adapun kawah tersebut diduga pernah dibanjiri air, ditandai dengan kandungan deposit tanah liat yang kerap ditemui di delta sungai.

Hazcams memiliki penutup debu, sehingga kualitas gambar memang terlihat lebih rendah daripada yang seharusnya dihasilkan dari 15 kamera penjelajah lainnya.

Perseverance memiliki kamera tambahan yang dipasang di kepala dan lengannya dan kamera untuk mengamati sampel yang dikumpulkannya dalam cache. Selama pendaratan, empat kamera tambahan merekam gerakan turun dari perspektif yang berbeda. NASA menyatakan video lengkap pendaratan ilmuan robot itu akan diupload ke situs Earth dalam beberapa hari mendatang.

Namun yang pasti, semua teknologi pencitraan ini memiliki tujuan yang memungkinkan penjelajah berjalan, di bawah pengawasan NASA, di sekitar Kawah Jezero, dan memeriksa bebatuan kuno serta sisa-sisa delta sungai untuk mencari tanda-tanda kehidupan mikroba purba.

Ada kemungkinan bahwa salah satu kamera ini pada akhirnya akan memancarkan gambar sampel yang berisi bukti kuat dari kehidupan purba yang pernah terdeteksi di Mars.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

nasa planet mars
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan
Konten Premium

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top