Teknologi Tanda Tangan Digital Mulai Berkembang, Kemenkominfo Berikan Peringatan

Newswire
Sabtu, 6 Februari 2021 | 02:18 WIB
Ilustrasi tanda tangan digital
Ilustrasi tanda tangan digital
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Para penyedia jasa teknologi tanda tangan digital diminta oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) untuk memastikan aspek keamanan bagi penggunanya.

Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan penyelenggara platform tanda tangan digital harus dapat memastikan keamanan karena menyangkut kepercayaan.

"Kita mendukung hadirnya aplikasi 'Téken Aja!' yang diharapkan mencegah tindak pemalsuan tandatangan yang kerap terjadi," kata Semuel, seperti dikutip dari Antara, Sabtu (6/2/2021).

Semuel menjelaskan dalam ruang digital, aspek verifikasi harus ditegakkan, tak terkecuali dalam teknologi tanda tangan digital. Hal ini menjadi tugas PT Djelas Tandatangan Bersama (DTB) selaku penyedia platform Téken Aja! untuk memastikan keamanan jasanya.

Semuel mengatakan Téken Aja! yang merupakan platform tanda tangan digital diharapkan bisa menjadi katalis dalam mendigitalkan Indonesia, serta mencegah tindak pemalsuan tanda tangan yang kerap terjadi.

Dengan begitu, Téken Aja! juga akan membantu membangun ekosistem digital yang sehat dan aman, ujarnya.

Platform Téken Aja! yang dalam waktu dekat diperkenalkan kepada publik dan berinduk ke Kementerian Komunikasi dan Informatika.

"Untuk mendapat pengakuan penyelenggara sertifikat elektronik (PSrE) di Kementerian Kominfo tidak mudah karena sebelumnya harus melalui audit keamanan digital yang panjang dan melelahkan," kata CEO PT Djelas Tandatangan Bersama (DTB), Alwin Jabarti Kiemas.

Keunggulan dari aplikasi ini, selain ramah lingkungan karena menggantikan penggunaan kertas, hemat ruang dan mudah untuk digunakan, serta memiliki teknologi dan pengamanan tingkat tinggi yang dinamakan infrastruktur kunci publik (IKP), kata Alwin.

“Kami yakin Téken Aja! akan membantu banyak sekali industri di Indonesia dalam melakukan bisnis dengan lebih baik lagi, serta mencegah tindak kejahatan," ujar Alwin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper