Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

XL Tunggu Regulasi untuk Google Loon

XL Axiata menilai Loon sebagai salah satu kesempatan untuk pengembangan inovasi dalam menyalurkan internet ke sejumlah titik.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 14 Januari 2021  |  19:57 WIB
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis - Arief Hermawan P
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com,  JAKARTA- PT XL Axiata Tbk. (EXCL) masih menunggu regulasi yang mengatur pengoperasian Google Loon. Perseroan mengaku siap mengadopsi teknologi tersebut untuk memberi akses telekomunikasi ke seluruh pelosok negeri.

Group Head Corporate Communications XL Axiata Tri Wahyuningsih mengatakan perseroan berkomitmen untuk mendukung program pemerintah dalam percepatan penerapan internet cepat ke seluruh lapisan masyarakat.

XL Axiata melihat Loon sebagai salah satu kesempatan untuk pengembangan inovasi dalam menyalurkan internet ke sejumlah titik. Hanya saja, dalam mengimplementasikan teknologi ini, dibutuhkan regulasi dan persyaratan yang perlu dipenuhi terlebih dahulu.

"Kami tidak akan membatasi diri dengan satelit atau Loon. Kami terbuka dan terus mengeksplorasi teknologi-teknologi baru lainnya yang memiliki beban biaya yang efektif dan dapat mempercepat penetrasi ke area-area yang tidak terjangkau," kata Ayu kepada Bisnis,  Kamis (14/1/2021).

Ayu menambahkan melalui Google Loon penyaluran akses telekomunikasi lebih mudah, dengan ekspektasi kualitas layanan yang akan jauh lebih baik dibandingkan dengan satelit. Google Loon juga memiliki biaya yang lebih efesien dibandingkan dengan menggelar kabel ke daerah rural.

Adapun  tantangan lain dalam mengimplementasikan teknologi ini, selain regulasi, adalah pemanfaatan spektrum yang membutuhkan kesepakatan antar regulator di dunia. "Selain itu masih banyak hal lainnya yang mungkin membutuhkan keputusan secara politis dan diatur dalam regulasi," kata Ayu. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

xl axiata google
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top