Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pelanggan Banyak, XL Tambah Sewa Palapa Ring Barat dan Tengah

XL Axiata berencana menambah sewa kapasitas Palapa Ring Barat dan Ring Tengah untuk dapat memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggan yang terus bertambah.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 12 Januari 2021  |  17:14 WIB
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis - Arief Hermawan P
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA – PT XL Axiata Tbk. (EXCL) berencana menambah sewa kapasitas jaringan Palapa Ring pada tahun ini, seiring dengan jumlah pelanggan yang terus bertambah.

Group Head Corporate Communication XL Axiata Tri Wahyuningsih mengatakan sampai dengan saat ini, perseroan sangat terbantu dengan pemanfaatan Palapa Ring.

Dengan memanfaatkan sistem komunikasi kabel bawah lauh (SKKL) tersebut XL dapat memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggan. Secara performa penggunaan kapasitas jaringan Palapa Ring juga prima dan tidak ada kendala.

“XL Axiata dalam proses untuk penambahan kebutuhan kapasitas guna melayani kebutuhan masyarakat atau pelanggan yang makin meningkat. Penambahan kapasitas dilakukan untuk Palapa Ring Barat dan Ring Tengah,” kata Ayu kepada Bisnis.com, Selasa (12/1/2021).

Adapun mengenai jumlah tambahan kapasitas yang akan digunakan, Ayu belum dapat memberitahukan karena masih dalam proses. Saat ini, XL Axiata telah menggunakan SKKL Palapa Ring Barat, Tengah dan Timur.

Sekadar catatan, SKKL Palapa Ring merupakan salah satu proyek strategis nasional. Proyek ini menghabiskan dana sekitar Rp7,63 triliun, dengan perincian sebagai berikut,Palapa Ring Barat Rp1,2 triliun, Palapa Ring Tengah Rp1,3 triliun, dan Palapa Ring Timur Rp5,13 triliun.

Palapa Ring menjangkau lebih dari 90 kabupaten/kota dengan total kabel serat optik yang tergelar mencapai sekitar 12.148 kilometer. Sebanyak 7.862 kilometer di antaranya melintasi laut.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

xl axiata telekomunikasi
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top