Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Aturan Privasi, Kominfo: WhatsApp dan Facebook Wajib Lakukan Ini!

Kementerian Kominfo meminta WhatsApp dan Facebook untuk memenuhi permintaan yang telah disampaikan usai para pihak melakukan pertemuan, kemarin (11/1/2021).
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 12 Januari 2021  |  10:51 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate memberikan penjelasan di Jakarta, Kamis (7/11/2019). Bisnis - Triawanda Tirta Aditya
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate memberikan penjelasan di Jakarta, Kamis (7/11/2019). Bisnis - Triawanda Tirta Aditya

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) telah bertemu dan menentukan sikap terhadap WhatsApp dan Facebook Asia Pacific Region terakhir dengan perubahan kebijakan privasi pengguna yang menyedot perhatian warganet.

Menteri Kominfo Johnny G. Plate mengatakan sebagai tindak lanjut dari pertemuan tersebut, keduanya diminta melakukan beberapa hal. Pertama, menjawab dan memberikan penjelasan kepada masyarakat Indonesia mengenai kekhawatiran yang tengah berkembang mengenai tujuan dan dasar kepentingan pemrosesan data pribadi.

Selain itu, mekanisme yang tersedia bagi pengguna untuk melaksanakan hak-haknya, termasuk hak untuk menarik persetujuan serta hak-hak lain, yang dijamin oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Disampaikan secara lengkap, transparan, jelas, mudah dipahami dan dapat diakses oleh publik terkait pembaruan kebijakan privasi WhatsApp, khususnya terkait dengan kekhawatiran masyarakat tadi,” kata Johnny dalam siaran pers yang dikutip, Selasa (12/1/2021).

Dia mendorong WhatsApp dan Facebook Asia Pacific Region untuk meningkatkan kepatuhan terhadap ketentuan hukum dan peraturan perundang-perundangan, terutama yang mengatur tentang pelindungan data pribadi di Indonesia. Misalnya, melaksanakan pemrosesan data pribadi sesuai dengan prinsip-prinsip yang berlaku.

Kemudian, kata dia, menyediakan formulir persetujuan pemrosesan data pribadi dalam Bahasa Indonesia; melakukan pendaftaran sistem elektronik; menjamin pemenuhan hak-hak pemilik data pribadi; dan kewajiban beredasarkan ketentuan-ketentuan lain sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Beberapa hari terakhir perubahan kebijakan privasi pengguna aplikasi WhatsApp dan Facebook mendapatkan perhatian warganet di Indonesia. Kemenkominfo telah mengadakan pertemuan dengan keduanya pada 11 Januari 2011.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telekomunikasi kominfo whatsapp
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top