Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Wow, Xiaomi Umumkan Kehadiran MIUI 12.5 yang Lebih Efisien

Pengembangan dari MIUI 12.5 yang utama yakni menggunakan 20 persen lebih sedikit memori dan 25 persen lebih sedikit daya.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 29 Desember 2020  |  09:58 WIB
xiaomi MIUI 12.5
xiaomi MIUI 12.5

Bisnis.com, JAKARTA - Xiaomi akhirnya mengumumkan kehadiran antarmuka ponsel pintar terbarunya, yakni MIUI 12.5.

Melansir GSM Arena pada Selasa (29/12/2020), penerus dari MIUI 12 itu hadir dengan peningkatan besar-besaran soal privasi, dengan penanganan aplikasi yang dioptimalkan.

MIUI 12.5 juga membawa kemampuan untuk menerima pemberitahuan dan melakukan beberapa pekerjaan pada perangkat Windows, yang berarti dapat terhubung dengan mudah ke laptop.

Walaupun pembaruan yang dihadirkan tak bisa dibilang banyak, Xiaomi mengatakan bahwa nama MIUI 12.5 merupakan salah satu langkah maju yang besar dan akan menjadi kekuatan ponsel pintar besutannya pada 2021.

Anggapan tersebut rasanya tak berlebihan karena MIUI 12.5 meningkatkan kemampuan visual, yang disebut memiliki antarmuka dan efek transisinya hampir sama dengan iOS milik Apple.

Pengembangan dari MIUI 12.5 yang utama adalah bahwa antarmuka itu menggunakan 20 persen lebih sedikit memori dan 25 persen lebih sedikit daya, dengan penggunaan memori latar belakang menurun rata-rata 35 persen dari versi sebelumnya.

Soal aplikasi, pengguna hanya akan mendapatkan beberapa aplikasi yang sudah diinstal sebelumnya untuk pengaturan, kamera dan panggilan telepon, dan tidak ada bloatware lainnya.

Xiaomi bahkan membanggakan diri sebagai perusahaan yang membawa aplikasi sistem paling sedikit, jika dibandingkan dengan Apple, Huawei, Oppo, Vivo dan Meizu.

Sama seperti di MIUI 11 dan MIUI 12, versi 12.5 juga memiliki wallpaper yang dinamis, kali ini dengan wallpaper gunung Four Sisters di Sichuan, China, yang warnanya dapat beradaptasi di kehidupan nyata, sesuai dengan cuaca sebenarnya di sekitar pengguna.

Berbicara tentang keamanan, MIUI 12.5 akan memungkinkan untuk mencegah aplikasi mengakses lokasi, data pribadi, clipboard, kata sandi atau informasi sensitif lainnya dari pengguna.

Belum ada informasi lebih lanjut mengenai peluncuran resmi dari MIUI 12.5. Namun yang jelas, lebih dari selusin ponsel Xiaomi telah memenuhi syarat untuk beta MIUI 12.5, yang akan terbatas untuk China.

Semua perangkat Mi 10 akan dapat bergabung dapat versi beta tersebut, serta Redmi K30 dan bahkan beberapa ponsel dari awal 2019, seperti Redmi Note 7 dan jajaran Xiaomi Mi 9.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

smartphone xiaomi
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top