Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PB Esport ​Siapkan Milenial ​jadi Bibit Unggul Indonesia

Didukung oleh Kemenpora, KONI, dan juga Kemenkominfo, PB Esport​ ​didirikan pada Januari 2020 yang lalu dengan tujuan untuk memembangun dan mengembangkan ekosistem Esport​ ​yang baik dan sustainable ​di Indonesia, hingga bisa menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara dengan Esport​ terkemuka di Asia.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 20 Desember 2020  |  14:42 WIB
esports
esports

Bisnis.com, JAKARTA - Esport (electronic sport) atau yang sering dikenal masyarakat sebagai permainan game secara online merupakan kegiatan yang kini telah resmi diakui secara resmi sebagai salah satu cabang olahraga oleh Kemenpora sejak tahun 2017 dan dinaungi oleh Pengurus Besar Esport (PB Esport), badan yang mewadahi e-sport di Indonesia.
 
Didukung oleh Kemenpora, KONI, dan juga Kemenkominfo, PB Esport didirikan pada Januari 2020 yang lalu dengan tujuan untuk memembangun dan mengembangkan ekosistem Esport yang baik dan sustainable di Indonesia, hingga bisa menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara dengan Esport terkemuka di Asia.
 
Meskipun demikian, banyak dari kalangan masyarakat yang masih menganggap bahwa bermain game online bisa memberikan efek negatif, seperti adiksi bagi para pemain. Inilah yang membuat banyak orang memandang sebelah mata terhadap cabang olahraga satu ini. Menanggapi stereotip tersebut, Komjen. Pol. Bambang Sunarwibowo, Sestama BIN yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum PB Esport memberikan pendapatnya.
 
“Banyak yang bilang kalau millennials itu susah diatur dan maunya main (game online) melulu. Padahal jika dibina dan diarahkan dengan tepat, mereka dapat menjadi SDM yang unggul di Indonesia dan bahkan di kancah internasional”, ujar Bambang Sunarwibowo dalam keterangan tertulisnya.
 
Bambang juga menambahkan bahwa game online atau dalam hal ini Esport, bukanlah suatu kegiatan yang buruk, malah bermanfaat dan berdampak baik serta bisa menjadi salah satu pemersatu bangsa, karena dibutuhkan tenaga manusia berupa kecepatan, ketangkasan, dan strategi seperti pada olahraga umumnya.
 
“Millennials itu sebenarnya suka akan tantangan dan tanggung jawab. Mereka juga senang dan akan sangat mendukung sebuah kegiatan yang memberikan dampak baik. Lewat Esport ini, kami tidak hanya menjadi wadah bagi mereka tapi kami juga memperlengkapi mereka agar bisa jadi bibit unggul bangsa. Lho millennials itu kan penerus bangsa, kalo bukan kita yang dukung mereka, siapa lagi?”, tegas Bambang Sunarwibowo.
 
Di Indonesia sendiri, Esport sudah banyak dipertandingkan baik dalam acara nasional maupun internasional, termasuk di Asian Games 2018 dan SEA Games 2019.
 
“Perkembangan positif Esport di Indonesia diharapkan dapat memberikan dampak yang besar di sektor strategis, pertahanan keamanan, teknologi, ekonomi kreatif dan pariwisata”, tegas Bambang Sunarwibowo.
 
Kedepannya PB Esport berencana untuk mengadakan lebih banyak lagi turnamen-turnamen di seluruh Indonesia, dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi dan pengalaman para atlet.
 
“Kami akan mengadakan lebih banyak acara lagi ditahun depan. Dan diharapkan lewat acara tersebut, akan ada lebih banyak lagi kaum millennial unggul yang bergabung dengan kami. Dengan begitu, kami bisa membina, mewadahi serta memperlengkapi lebih banyak kaum muda lagi di tahun 2021”, tutup Bambang Sunarwibowo.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

generasi milenial esports
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top