5 Terpopuler Teknologi, Menjaga Perlindungan Data dalam Pembayaran Digital dan Seberapa Rentan Password Sekali Pakai?

Ahmad Rifai
Senin, 28 September 2020 | 16:17 WIB
Transaksi tol nontunai - Istimewa
Transaksi tol nontunai - Istimewa
Bagikan

1. Menjaga Perlindungan Data dalam Pembayaran Digital


Perlindungan data dan keamanan teknologi dalam industri pembayaran digital menjadi sangat penting agar agar seluruh transaksi aman dan terlindungi, sekaligus memberikan kepercayaan publik untuk bertransaksi secara digital.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan dalam hal perlindungan data tersebut, saat ini pemerintah bersama DPR tengah membahas RUU Perlindungan Data.

Baca berita lengkapnya di sini.

2. Pengembangan Vaksin Covid-19 Mengancam Populasi Hiu Dunia, Ahli Serukan Alternatif


Para pemerhati dan ahli satwa liar menyatakan bahwa pengembangan vaksin virus corona baru atau Covid-19 telah menyebabkan hampir setengah juta hiu dibunuh untuk mendapatkan komponen kunci vaksin.

Perlu diketahui hiu memiliki minyak alami yang disebut dengan squalene di bagian hati, yang digunakan dalam vaksin flu sejak 1997. Produsen vaksin corona ingin menggunakan minyak tersebut untuk meningkatkan efektivitas pengobatan dengan menciptakan respons kekebalan yang kuat.

Baca berita lengkapnya di sini.

3. Peneliti Indonesia yang Tinggal di Australia Pakai Google Adwords Cegah Kasus Bunuh Diri


Seorang peneliti asal Indonesia yang tinggal di Australia berhasil menggunakan Google Adwords untuk membantu orang-orang yang sedang depresi dan berencana bunuh diri.

Dia adalah Sandersan Onie, pria yang bekerja di Black Dog Institute New South Wales, Sydney, Australia itu mengirimkan pesan-pesan melalui Google Adwords kepada mereka yang berencana bunuh diri.

Baca berita lengkapnya di sini.

4. Solusi Internet Daerah 3T, Kemenkominfo Uji Coba Super Wifi


Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) tengah menguji teknologi Super Wifi untuk menyalurkan akses internet di kawasan tertinggal, terdepan dan terluar (3T). Teknologi ini menawarkan cakupan yang lebih luas dibandingkan dengan wifi biasa.

Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti), Anang Latif mengatakan bahwa teknologi Super Wifi pada hakikatnya sama seperti teknologi wifi pada umumnya. Bedanya, Super Wifi dapat menjangkau hingga 500 meter atau lima hingga sepuluh kali lipat lebih luas dibandingkan dengan wifi biasa.

Baca berita lengkapnya di sini.

5. Seberapa Rentan Password Sekali Pakai?


Kata sandi sekali pakai atau one-time password (OTP) menjadi metode keamanan yang banyak digunakan saat ini. Kemudahan serta kepraktisan yang ditawarkan membuatnya banyak digunakan oleh sejumlah penyedia layanan digital.

Namun, dibalik kemudahan dan kepraktisan yang ditawarkan oleh OTP, ada bahaya yang mengintai pengguna layanan digital. Menurut Pakar Forensik Digital Ruby Alamsyah, ada dua cara yang dapat digunakan oleh pelaku kejahatan siber untuk mendapatkan kode OTP korbannya.

Baca berita lengkapnya di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ahmad Rifai
Editor : Ropesta Sitorus
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper