Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Setelah 20 Tahun, Apple Buka Toko Online di India

Apple Inc. membuka toko online di India untuk pertama kali setelah beroperasi selama 20 tahun di negara tersebut.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 24 September 2020  |  12:34 WIB
Suasana gerai Apple di Singapura saat pelanggan membeli iPhone XS Max dan XS Jumat (21/9/2018). - Reuters/Edgar Su
Suasana gerai Apple di Singapura saat pelanggan membeli iPhone XS Max dan XS Jumat (21/9/2018). - Reuters/Edgar Su

Bisnis.com, JAKARTA – Apple Inc. telah membuka toko daring (online) pertama mereka di India sejak 23 September 2020 setelah sebelumnya hanya menjual produknya melalui distributor pihak ketiga dan e-commerce antara lain Amazon.com dan Flipkart.

Dikutip melalui Techcrunch, Kepala analis perusahaan konsultan Convergence Catalyst, Jayanth Kolla, mengatakan Apple merakit sejumlah ponsel mereka, termasuk iPhone 11 di pabrik Foxconn dan Wistron yang ada di dua lokasi di India.

“Untuk pertama kalinya dalam lebih dari 20 tahun sejak Apple mulai beroperasi di India, pembuat iPhone mulai menjual produknya langsung ke konsumen di pasar ponsel pintar terbesar kedua di dunia,” kata Kolla, Kamis (24/9/2020).

India dinilai menjadi prospek yang baik bagi para pembuat ponsel, berkat jumlah pelanggan seluler yang mencapai angka 1 miliar dan juga Negara Anak Benua ini merupakan pasar ke-38 untuk Apple tempat meluncurkan toko daringnya. Konsumen di India sekarang dapat membeli AppleCare+, yang memperpanjang garansi produk, dan mengakses program tukar tambah untuk mendapatkan diskon untuk pembelian perangkat keras baru.

Kolla berpendapat bahwa peluncuran toko daring Apple di India adalah kesepakatan yang lebih besar bagi perusahaan daripada konsumen di negara tersebut.

“Apple biasanya mulai berinvestasi dalam pemasaran, membangun merek, dan investasi lain di pasar hanya setelah meluncurkan toko di sana,” katanya.

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa Apple memang mengawasi baliho dan iklan iPhone dan produk lain yang ditampilkan di India, tetapi mitra pihak ketiga yang menjalankan dan mendanai mereka.

Dalam beberapa tahun terakhir, Apple terlihat semakin tertarik pada India, salah satu pasar ponsel pintar dengan pertumbuhan tercepat di dunia. Produsen kontrak perusahaan saat ini secara lokal merakit model iPhone generasi terbaru dan beberapa aksesori - upaya yang dimulai perusahaan dua tahun lalu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gadget apple
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top