Telkomsel hingga Smarfren Sebar Kartu Perdana Gratis, Di Mana Aja?

Leo Dwi Jatmiko
Jumat, 18 September 2020 | 17:45 WIB
Ilustrasi SIM card. / Dok. Istimewa
Ilustrasi SIM card. / Dok. Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Operator seluler telah mendistrubusikan jutaan kartu perdana gratis untuk mendukung kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Tidak hanya itu, operator juga mengiming-iming para pelajar dan tenaga pengajar dengan kuota data gratis puluhan GB setiap melakukan aktivasi melalui kartu perdana yang mereka sebar.

Berdasarkan data yang dihimpun Bisnis.com, PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) tercatat telah membagikan sekitar 7,3 juta kartu perdana gratis, dengan potensi jumlah yang lebih besar dibandingkan yang nampak di dunia maya.

Melalui program merdeka belajar jarak jauh (MBJJ) Telkomsel membagikan kartu perdana tersebut ke sejumlah provinsi antara lain provinsi Kalimatan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Nusa Tenggara Barat, Jawa Timur, Jawa Barat, Bali, Sulawesi Selatan, Banten, Sumetara Selatan, Bengkulu, Gorontalo, Papua dan lain sebagainya.

"Program Merdeka Belajar Jarak Jauh [MBJJ] yang digelar Telkomsel merupakan pelengkap untuk mendukung program bantuan kuota yang diselenggarakan oleh Kemendikbud dalam program dengan nama yang sama," kata Vice President Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin.

Sementara itu, PT XL Axiata Tbk. juga mengklaim telah membagikan jutaan kartu perdana gratis ke sejumlah sarana pendidikan melalui XL dan Axis. Wilayah-wilayah yang telah mendapat kartu perdana gratis dari XL antara lain Batam, Banten, Jambi, Bangka, Medan, Pekabaru, Padang, Palangkaraya dan Palu.

Sementara itu wilayah yang mendapat kartu perdana gratis Axis antara lain, Bandar Lampung, Jakarta, Banten, Depok, Cirebon, Bandung Barat, Purwakarta, Semarang, Yogyakarta, Purwokerto, Padang, Makassar, Manado, Madiun, Jember, Banyuwangi, Surabaya, dan Bali

Head of External Communication PT XL Axiata Tbk. Henry Wijayanto mengatakan berharap dapat turut membantu meringankan beban masyarakat, sehingga bisa membangun/menggerakkan sektor lain, guna mendorong pemulihan aktifitas perekonomian.

Sementara itu, SVP-Head Corporate Communications Indosat Ooredoo Turina Farouk mengatakan Indosat telah mendistribusikan kartu perdana gratis ke seluruh Indonesia untuk mendukung PJJ. Namun, total kartu perdana yang telah didistribusikan tidak disebutkan.

“Selain melakukan distribusi kartu perdana, kami juga mendorong nomor existing pelanggan didaftarkan ke pihak sekolah atau kampus tanpa perlu ganti kartu,” kata Turina.

Wakil Presiden Direktur PT Hutchison 3 Indonesia, Danny Buldansyah mengatakan Tri telah mendistribusikan sekitar 1 juta kartu perdana gratis untuk mendukung program PJJ. Sayangnya, wilayah distribusinya enggan disebutkan.

Sementara itu, PT Smartfren Telecom Tbk juga mendistribusikan 1 juta kartu perdana 10N+ gratis untuk mendukung kegiatan PJJ. Distribusi kuota dilakukan di daerah-daerah jangkau Smartfren.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper