Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Alasan Operator Seluler Bagikan Kartu Perdana Gratis

Analis Kresna Sekuritas Etta Rusdiana Putra menilai cara tersebut bakal memudahkan operator seluler saat menyalurkan kuota internet gratis dari Kemendikbud.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 18 September 2020  |  14:00 WIB
Ilustrasi SIM Card - Reuters
Ilustrasi SIM Card - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Upaya operator seluler dalam membanggikan kartu perdana gratis kepada peserta didik untuk program pembelajaran jarak jauh (PJJ), dinilai akan memudahkan mereka dalam membagikan kuota gratis dari Kemendikbud nantinya.

Analis Kresna Sekuritas Etta Rusdiana Putra menilai operator seluler sedang mengklaster penerima kuota internet melalui kartu perdana yang dibagikan. Hal ini diperkirakan akan lebih mudah dalam menyalurkan kuota gratis dibandingkan dengan membagikannya langsung kepada pelanggan.

“Pemberian nomor baru memudahkan operator untuk memberikan harga khusus dan mempermudah administrasi ke negara,” kata Etta kepada Bisnis.com, Jumat (18/9/2020).

Etta juga memperkirakan nantinya nomor baru yang dibagikan, hanya untuk mengakses website tertentu, sehingga program pemerintah tidak menjadi ‘kanibal’ bagi produk operator seluler yang telah ada saat ini.

Dia juga mengatakan untuk menjalankan program tersebut harus dilakukan oleh banyak operator seluler untuk menghindari persaingan yang tidak sehat.

Adapun mengenai potensi ‘bakar duit’ dengan bagi-bagi kartu perdana secara gratis kepada peserta didik, menurut Etta, hal tersebut tidak terjadi, sebab operator memiliki pertimbangan secara internal.

“Memang ada ongkos produksi, tapi kan ada kajian internal analisis biaya antara menerbitkan kartu baru dengan registrasi nomer lama. Operator yang lebih paham detailnya,” kata Etta.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telekomunikasi
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top