Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

MediaTek Hadirkan Chipset 5G T750 untuk Perluas Pacu Performa 5G

Tren streaming video live dan aplikasi akan menjadi momentum yang menguntungkan bagi perusahaan produsen CPE 5G.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 05 September 2020  |  10:10 WIB
Chipset 5G Kelas Menengah Baru dari MediaTek. - istimewa
Chipset 5G Kelas Menengah Baru dari MediaTek. - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan semikonduktor asal Taiwan, MediaTek menghadirkan chipset 5G T750 untuk produk consumer premise equipment (CPE) 5G nirkabel, seperti router fixed wireless access (FWA) dan hotspot mobile, untuk membantu pengguna berselancar di konektivitas 5G.

Corporate Vice President dan General Manager Wireless Communication Business Unit MediaTek JC Hsu mengatakan bahwa desain chip 7nm ini hadir dengan radio 5G tertanam dan CPU Arm empat-inti.

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa Chip ini memiliki fitur lengkap dengan seluruh fungsi dan periferal penting bagi para pembuat perangkat untuk membuat produk-produk CPE berkinerja tinggi dengan form factor terkecil. T750 sekarang sudah mulai diuji coba para calon pelanggan.

"Konektivitas pita lebar kecepatan tinggi sekarang menjadi lebih penting dengan semakin banyaknya perangkat-perangkat yang terkoneksi, dan bertambahnya orang yang bekerja dari rumah, mengambil kelas daring, dan menggunakan layanan seperti tele-kesehatan dan panggilan video," katanya lewat rilisnya, Sabtu (5/9/2020).

Dia mengatakan bahwa router 5G dengan dukungan untuk frekuensi sub-6GHz menghadirkan alternatif pita lebar yang terjangkau ke wilayah-wilayah dengan layanan DSL, kabel, atau fiber yang terbatas.

Sementara itu, Firma analis IDC memperkirakan pasar router dan gateway 5G dan LTE global akan berkembang dari sekitar US$979 juta pada 2019 menjadi hampir US$3 miliar pada 2024.

Selain itu, Counterpoint Research juga memproyeksikan bahwa FWA 5G akan berkembang dari 10,3 juta pelanggan pada 2020 menjadi lebih dari 450 juta pelanggan pada 2030.

Dia mengatakan bahwa MediaTek T750 juga mendukung frekuensi 5G sub-6GHz dan 2CC CA (two component carrier aggregation) untuk cakupan yang lebih luas, menjadikannya ideal untuk produk-produk FWA indoor dan outdoor, seperti router rumahan, dan juga hotspot mobile.

Selain itu, desain T750, yang di dalamnya terdapat modem 5G NR FR1, prosesor Arm Cortex-A55 empat-inti, dan seluruh periferal yang dibutuhkan dalam sebuah chip tunggal, menawarkan keunggulan-keunggulan kinerja dan waktu-ke-pasar yang mempercepat waktu pengembangan ODM/OEM.

Sekedar catatan, ODM (Original Design Manufacturer) adalah suatu perusahaan atau organisasi yang merancang dan memproduksi produksi (komponen ataupun barang jadi) sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan oleh perusahaan pembeli.

Sementara itu, OEM (Original Equipment Manufacturer) adalah suatu perusahaan atau organisasi yang merancang dan memproduksi produk (komponen ataupun barang jadi) sesuai dengan spesifikasi yang ditentukannya dan dijual ke perusahaan pembeli.

Khin Sandi Lynn, analis industri dari ABI Research mengatakan bahwa para operator bisa memanfaatkan berbagai kemampuan, bandwidth tinggi, dan latensi rendah dari 5G untuk menawarkan layanan-layanan 5G FWA yang mendukung pengalaman seperti-fiber untuk konsumen dan dunia usaha.

“Dengan semakin meningkatnya adopsi streaming video live dan aplikasi yang sangat bergantung pada latensi seperti gaming dan aplikasi online berbasis AR/VR, maka layanan-layanan 5G FWA diharapkan akan meraih momentum,” katanya

Lebih lanjut, Lynn menjelaskan bahwa chipset-chipset 5G MediaTek untuk router FWA tentunya akan memenuhi permintaan pasar serta mempercepat persaingan dalam ekosistem CPE FWA.

Selain itu, dukungan untuk sub-6GHz merupakan solusi yang sempurna untuk banyak operator yang berencana untuk mencapai cakupan layanan yang luas dalam waktu singkat.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mediatek kecepatan tinggi teknologi 5G
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top