Buruan! Cara Daftar Kuota Gratis Tri 50 GB untuk Belajar Daring

Leo Dwi Jatmiko
Jumat, 4 September 2020 | 10:52 WIB
Aplikasi Bima yang disediakan PT Hutchison 3 Indonesia (Tri Indonesia) untuk pelanggannya./dok. Tri Indonesia
Aplikasi Bima yang disediakan PT Hutchison 3 Indonesia (Tri Indonesia) untuk pelanggannya./dok. Tri Indonesia
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – PT Hutchison 3 Indonesia atau Tri Indonesia memberikan kuota gratis berupa paket 3Edu yang terdiri dari 50 GB yang bisa digunakan untuk mengakses berbagai aplikasi belajar daring.

Wakil Presiden Direktur Tri Indonesia Danny Buldansyah mengatakan beberapa aplikasi yang bisa diakses seperti LMS Diknas, Google Classroom, Edmodo, Zenius, Ruangguru, dan aplikasi belajar lainnya. Kuota data ini akan langsung diterima oleh mahasiswa dan dosen ketikan bantuan subsidi kuota dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) diturunkan.

Dia menjelaskan untuk mendapatkan kuota gratis ini, mahasiswas harus mendaftarkan kartu Tri yang dimilikinya ke perguruan tinggi. Setelah itu perguruan tinggi akan mendaftarkan nomor tersebut ke Dikti/Pusdatin untuk kemudian pusdatin akan merekap semua data.

"Setelah terekap, Tri akan melakukan pengisiapan paket data 50 GB ke mahasiswa," kata Danny dalam konfresi virtual, Jumat (4/9/2020).

Tidak hanya itu, lanjutnya, masing-masing mahasiswa juga berpeluang mendapatkan bonus kuota 36GB dari Tri, dengan 10 GB bisa digunakan untuk aplikasi apapun dan 26GB khusus untuk aplikasi edukasi. Bonus kuota tersebut akan diberikan ketika mahasiswa/dosen menerima notifikasi SMS dari Tri.

Dia berharap dengan sinergi ini bisa memberi kemudahan mahasiswa dalam mengakses internet, sekaligus meringankan beban orang tua dalam menghadapi dampak ekonomi di situasi pandemi, serta mendukung agar kegiatan belajar mengajar tetap berjalan sesuai kurikulum.

Sebelumnya, dalam mendukung kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh, 3 Indonesia juga telah melakukan pembagian kartu perdana ke seluruh sekolah dan universitas di berbagai daerah di Indonesia termasuk kuota gratis total 30GB (terdiri dari 10GB untuk semua aplikasi dan 20GB untuk akses aplikasi belajar).

Adapun, untuk mendapatkan kuota tersebut, pelanggan hanya perlu mengaktifkan dan mendaftarkan kartu 3 sebelum tanggal 11 September 2020 melalui pendataan di sekolah ataupun universitas.

Selain kuota 30GB yang bisa dipakai selama sebulan, 3 Indonesia juga memberikan promo cashback sebesar 20 persen setiap isi ulang pulsa selama periode September - Desember 2020 atau sesuai periode pengadaan bantuan kuota internet dari Kemendikbud.

Sementara itu, Direktorat Jenderal Dikti Nizam mengatakan bahwa biaya paket internet merupakan salah satu hal yang menjadi tantangan dalam pelaksanaan pembelajaran daring, khususnya bagi mahasiswa tidak mampu dan perguruan tinggi yang memiliki alokasi dana terbatas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper