Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Telkom: Keamanan Siber Jadi Tanggung Jawab Bersama

Telkom Indonesia menyebut keamanan siber dalam era digitalisasi menjadi tanggung jawab bersama karena serangan akan selalu bertambah kuat.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 27 Agustus 2020  |  18:48 WIB
Kejahatan online - Ilustrasi/mirror.co.uk
Kejahatan online - Ilustrasi/mirror.co.uk

Bisnis.com, JAKARTA – Chief of Digital and Innovation Officer Telkom Indonesia, Muhamad Fajrin Rasyid menyebutkan bahwa keamanan siber di era transformasi digital terus memiliki pekerjaan rumah yang perlu dipenuhi.

“Bicara soal keamanan itu sesuatu yang kejar-kejaran dalam arti dari sisi kapabilitas [perusahaan] itu harus ditingkatkan juga. Kalau ditanya [keamanan data] sekarang siap atau engga jawabannya harus terus dikembangkan,” ujarnya lewat diskusi virtual Bisnis, Teknologi Cloud: Transformer Bisnis Masa Depan, Kamis (27/8/2020).

Menurutnya, antisipasi terhadap serangan siber akan terus menerus berubah dan makin kuat, sehingga akan selalu menjadi pekerjaan rumah yang perlu diselesaikan.

Dia pun optimis melihat setiap pelaku bisnis digital mulai menyadari pentingnya keamanan data dan keamanan digital dari sebuah bisnis yang berbasis teknologi.

Namun, dia mengimbau bahwa keamanan data juga merupakan tanggung jawab bersama, tak terkecuali masyarakat.

“Keamanan juga menjadi tanggung jawab masyarakat Indonesia, karena ini tidak terlepas dari aspek manusia sendiri atau kasus rekayasa sosial, sehingga penting meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap penipuan daring. Ini menjadi awareness kita bersama,” ungkap Fajrin.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telkom serangan siber
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top