Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Peneliti Unair Kembangkan Obat Covid-19, Pemerintah Dukung Penuh

Tim peneliti Universitas Airlangga (Unair) tengah mengembangkan obat yang diharapkan dapat mengobati penyakit yang disebabkan oleh virus corona.
Asteria Desi Kartika Sari
Asteria Desi Kartika Sari - Bisnis.com 17 Juni 2020  |  12:00 WIB
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.  - ANTARA/Dhemas Reviyanto
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy. - ANTARA/Dhemas Reviyanto

Bisnis.com, JAKARTA-- Tim peneliti Universitas Airlangga (Unair) tengah mengembangkan obat yang diharapkan dapat mengobati penyakit yang disebabkan oleh virus corona.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan pemerintah akan mendukung berbagai upaya yang dilakukan untuk menciptakan obat virus corona.

"Saya sudah berdiskusi dengan tim (Peneliti Unair) mengenai langkah-langkah yang sudah dilakukan, dan kira-kira nanti apa yang diperlukan terutama yang perlu dukungan dari pemerintah, terutama berkaitan dengan proses," ucap Muhadjir seperti dikutip dalam keterangan rsminya Rabu (17/6/2020).

Muhadjir memuji ide yang dihasilakan oleh para peneliti Unair. Dia berharap, proses pengembangan obat Covid-19 ciptaan anak negeri bisa ditindaklanjuti di tengah ketidakpastian kapan pandemi corona berakhir.

"Sehingga bisa memberikan kontibusi nyata dalam upaya kita untuk menangani Covid-19 terutama dalam mengurangi tingkat fatalitas yang di Indonesia ini masih tergolong tinggi," ujarnya.

Muhadjir juga telah meninjau fasilitas untuk uji spesimen Covid-19 yang ada di laboratorium Unair. "Saya sudah cek, fasilitasnya sudah sangat bagus. Kemudian di sini ada RS khusus covid dengan kapasitas hampir 300 bed dengan fasilitas yang sangat memadai," tutur dia.

Muhadjir mengatakan, Unair merupakan salah satu perguruan tinggi yang menjadi andalan untuk mendukung uji spesimen di wilayah Jawa Timur khususnya Surabaya. "Itu karena di sini ada fasilitas laboratorium BSL-3 yang tingkat keamanannya untuk uji spesimen bisa dibilang 99 persen, termasuk akurasinya," pungkasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

universitas airlangga Virus Corona
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top