5 Terpopuler Teknologi, Akankah Kecerdasan Buatan Menggantikan Manusia? dan Mengenali Teknologi Pengenal Wajah Hewan

Menkominfo Rudiantara yang bercakap-cakap dengan Sophia tentang masa depan manusia dan robot menjadi berita terpopuler di kanal Teknologi pada Rabu (18/9/2019).
Ahmad Rifai
Ahmad Rifai - Bisnis.com 18 September 2019  |  19:00 WIB
5 Terpopuler Teknologi, Akankah Kecerdasan Buatan Menggantikan Manusia? dan Mengenali Teknologi Pengenal Wajah Hewan
Sophia / Bloomberg

1. Akankah Kecerdasan Buatan Menggantikan Manusia?

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara terlihat tengah bercakap-cakap dalam Bahasa Inggris dengan Sophia di atas sebuah panggung yang disaksikan audiens.

Penampilan lawan bicara menteri yang akrab disapa chief itu cukup menarik perhatian. Berkepala pelontos, Sophia terlihat unik dibalut gaun merah rancangan desainer kenamaan Didiet Maulana.

Baca selengkapnya di sini.

2. LAPORAN DARI CHINA: Ingin Bangun Teknologi Dunia Cerdas, Ini Strategi Huawei

Huawei berencana membangun dunia cerdas (intelligent world) lewat teknologi konektivitas dan komputasi mereka yang akan menjadi dasar bagi berbagai teknologi masa depan.

Deputy Chairman Huawei Ken Hu mengatakan, Huawei selama ini sering kali diasosiasikan dengan konektivitas. Hal ini tidak terlepas dari rekam jejak Huawei dalam teknologi jaringan, mulai dari 2G, 3G, 4G dan kini 5G.

Baca selengkapnya di sini.

3. 18 Operator Berminat Sewa Palapa Ring Meski Tarifnya Mahal

Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) merilis tarif sewa Palapa Ring Timur. Bakti membandrol tarif sewa dikisaran Rp10 juta—Rp552 juta per bulan. Ini merupakan yang termahal dibandingkan dengan Palapa Ring Tengah dan Barat.

Sebagai perbandingan, tarif sewa Palapa Ring Barat berkisar Rp20 juta—Rp445 juta per bulan, sedangkan Palapa Ring Tengah Rp9 juta—Rp240 juta per bulan.

Baca selengkapnya di sini.

4. Revisi PP 82/2012 Berpotensi Ganggu Kedaulatan Digital

Revisi Peraturan Pemerintah Nomor 82/2012 tentang Penyelenggaraan Sistem Transaksi Elektronik yang membebaskan penempatan data sektor publik di dalam maupun di luar wilayah Indonesia dinilai berpotensi mengganggu kedaulatan digital nasional, sehingga aturan tersebut ditolak oleh beberapa pihak.

Anggota Komisi I DPR RI, Sukamta, mengatakan adanya kesempatan penempatan data di luar wilayah Indonesia memiliki potensi gangguan dan mendesak pemerintah membatalkan Revisi PP No 82 Tahun 2012.

Baca selengkapnya di sini.

5. Teknologi Pengenal Wajah Hewan, Bagaimana Cara Kerjanya?

Anda mungkin sudah kenal atau bahkan menggunakan teknologi pengenalan wajah.

Berbagai aplikasi dan layanan terkemuka seperti Google Photos dan Facebook menggunakan teknik pembelajaran mesin untuk membantu menemukan dan mengelompokkan foto berdasarkan orang-orang yang ada di dalamnya.

Baca selengkapnya di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
digital, biometrik, huawei, hewan, palapa ring, serangan siber, artificial intelligence

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top