LAPORAN DARI AUSTRALIA: Teknologi 5G Potensial Merevolusi Industri Hiburan

Telstra merupakan perusahaan teknologi dan telekomunikasi yang pertama kali menghadirkan teknologi 5G di Australia. Dalam pameran teknologi tahunan Teltra Vantage 2019 kali ini, Telstra menghadirkan banyak demontrasi 5G khsusunya terkait industri hiburan.
Achmad Aris
Achmad Aris - Bisnis.com 05 September 2019  |  17:46 WIB
LAPORAN DARI AUSTRALIA: Teknologi 5G Potensial Merevolusi Industri Hiburan
Pemanfaatan 5G dalam perangkat keras. - Bisnis/Achmad Aris

Bisnis.com, MELBOURNE — Telstra merupakan perusahaan teknologi dan telekomunikasi yang pertama kali menghadirkan teknologi 5G di Australia.

Dalam pameran teknologi tahunan Teltra Vantage 2019 kali ini, Telstra menghadirkan banyak demontrasi 5G khsusunya terkait industri hiburan.

Di antara berbagai demonstrasi teknologi 5G tersebut, Telstra mendemostrasikan siaran langsung pertama di Australia dengan menggunakan 5G.

"Kami bermitra dengan Igloovision, Summit Tech Multimedia Communications, dan Magna Group untuk melakukan streaming video 360 derajat, live menggunakan 5G dari pantai Queensland ke area pameran Telstra Vantage dalam resolusi 8K yang menakjubkan," kata Networks Executive Telstra Channa Seneviratne di sela-sela acara Telstra Vantage 2019 di Melbourne Convention and Exhibition Center, Kamis (4/9/2019).

Siaran langsung tersebut dilakukan di dalam booth yang berbentuk bulat berdiameter 3 meter. Sekeliling dinding booth tersebut disematkan layar LCD sehingga pengunjung seolah-oleh berada di pantai, tempat asal siaran langsung. Visualisasi benar-benar seperti real time.

Resolusi 8K menciptakan pengalaman mendalam yang membawa pengunjung Telstra Vantage dari langit kelabu Melbourne ke iklim yang lebih cerah di Gold Coast.

"Konten mengalir dengan hanya penundaan dua detik antara Queensland dan Victoria dan kami bahkan dapat memasukkan fitur interaktif dengan panggilan video gambar dalam gambar [picture in picture]," jelasnya.

Demonstrasi siaran langsung tersebut hanya satu dari sekian banyak demonstrasi lainnya yang menggunakan teknologi 5G dalam Telstra Vantage 2019.

Demonstrasi lainnya adalah menjalankan mobil remote control melalui layar laptop yang terhubung dengan smartphone yang diletakkan di atas mobil remote control. Tangkapan kamera smartphone secara real time terkoneksi dengan layar laptop melalui jaringan 5G.

Menurut Channa, berbagai demonstrasi tersebut memberi gambaran sekilas tentang potensi teknologi 5G dalam merevolusi industri hiburan.

Peningkatan kapasitas 5G memiliki kemampuan untuk memberikan pengalaman resolusi yang lebih mendalam dan lebih tinggi di luar kemampuan 4G.

Teknologi 5G lebih dari sekadar membuat konten high definition dan ultra high definition, tetapi tentang memberdayakan pembuatan film 360 derajat, realitas virtual, aplikasi augmanted reality, dan janji memberikan alat baru untuk penyiar dan pencipta konten untuk bekerja.

"Tahun lalu, di Pusat Inovasi 5G kami di Gold Coast, kami memamerkan salah satu pengalaman gaming olah raga pertama di dunia lebih dari 5G kepada tim pro esports The Chiefs."

Dalam Telstra Vantage 2019, Telstra memperluas demonstrasi kemampuan 5G dari esports ke bentuk hiburan lainnya.

"Samsung baru-baru ini memanfaatkan teknologi 5G untuk menunjukkan siaran olah raga multi sudut dan KT telah meluncurkan layanan siaran langsung ultra high definition berbasis 5G, menyediakan peralatan 5G untuk penyiar berita Seoul Broadcasting System," jelas Channa.

Menurutnya, potensi 5G untuk berkembang ke ruang penyiaran sangat lah eksponensial.

"Jika kita dapat menginspirasi generasi pembuat konten berikutnya, siapa yang tahu seperti apa masa depan hiburan misal virtual reality season of Game of Thrones atau mungkin siaran the AFL Grand Final dalam 360 dari lingkaran pusat?" ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
teknologi 5G

Editor : Wike Dita Herlinda

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top