LAPORAN DARI AS : Apa Saja Prioritas Utama Pelanggan Cloud?

Isu keamanan siber makin menjadi prioritas utama pelanggan layanan komputasi awan, di tengah meningkatnya kebutuhan untuk melindungi jaringan dan data.
Annisa Margrit
Annisa Margrit - Bisnis.com 30 Agustus 2019  |  07:39 WIB

Bisnis.com, SAN FRANCISCO -- Isu keamanan siber makin menjadi prioritas utama pelanggan layanan komputasi awan, di tengah meningkatnya kebutuhan untuk melindungi jaringan dan data.

Chief Operating Officer VMware Inc. Sanjay Poonen mengatakan kebutuhan pelanggan memang berbeda-beda tergantung di industri apa mereka bergerak. Namun, setidaknya ada tiga prioritas utama yang sama dari tiap industri.

Pertama, bagaimana sebaiknya pelanggan memahami cloud, termasuk apa yang akan terjadi di dalamnya, apa yang akan terjadi di premise, dan berapa besar investasi yang harus dikeluarkan. 

"Prioritas kedua adalah dalam hal keamanan. Perbincangan soal keamanan juga sudah berkali-kali disampaikan di VMworld 2019. Kami menawarkan pendekatan baru dalam hal ini," tuturnya di sela-sela VMworld 2019 di San Francisco, AS, Rabu (28/8/2019) waktu setempat.

Ketiga, topik yang berkaitan dengan developer, misalnya dalam hal pengembangan aplikasi, bagaimana memodernisasi aplikasi, dan bagaimana menciptakan micro-services.

Di luar itu, sambung Poonen, adalah pertanyaan umum seperti bagaimana mengubah kultur perusahaan supaya menjadi lebih cepat dan dinamis dari sisi teknologi. 

Dalam hal keamanan siber, VMware baru saja mengakuisisi Carbon Black, yaitu perusahaan yang memberikan layanan keamanan di cloud, dengan lebih dari 5.600 pelanggan dan 500 mitra secara global. Akuisisi Carbon Black diklaim mampu meningkatkan kapabilitas VMware dalam memberikan layanan keamanan siber yang lebih baik kepada pelanggan. 

Menurutnya, ada beberapa alasan mengapa Carbon Black yang dipilih selain karena perusahaan itu diklaim telah menjadi pemimpin pasar. Alasan-alasan tersebut yakni perusahaan itu memiliki kemampuan dalam Artificial Intelligence (AI) alias kecerdasan buatan sehingga mampu mengumpulkan data dengan lebih baik; sifat perusahaan yang sangat dinamis; dan posisi Carbon Black yang merupakan native di cloud.

Poonen menyatakan VMware memiliki keunggulan dari perusahaan-perusahaan serupa, didukung oleh strategi jangka panjang yang mereka miliki. Selain itu, masih ada sokongan tambahan dari VMware Tanzu serta Project Pacific. 

VMware menegaskan kemitraan yang baik dengan penyedia layanan cloud publik, baik AWS, Microsoft Azure, maupun Alibaba Cloud dan lainnya bakal terus dilakukan. Kerja sama dengan cloud lokal di masing-masing negara tempat VMware beroperasi juga terus dikembangkan, termasuk di kawasan Asia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
vmware indonesia

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

  • ASUS Luncurkan VivoBook Seri Terbaru
    ASUS Luncurkan VivoBook Seri Terbaru
    ASUS meluncurkan VivoBook seri A409 yang diperkuat prosesor Intel Core hingga Core i7 dengan chip grafis berbasis Nvidia GeForce MX230 sehingga mendukung konfigurasi dual…
    3 hours ago   |   Elektronik
  • OPPO A9 2020 Meluncur Hari Ini
    OPPO A9 2020 Meluncur Hari Ini
    OPPO A9 2020 sudah dijual di toko daring Amazon, harganya 16.990 Rupee India (setara Rp 3,3 juta) untuk kapasitas RAM 4GB dan memori internal 128GB.
    4 hours ago   |   Gadget
  • Serangan Malware Sejak 2018 Meningkat 50%
    Serangan Malware Sejak 2018 Meningkat 50%
    Sejak 2018, serangan siber secara global meningkat 50% di manaaset perusahaan yang terdapat pada media penyimpanan data, platform surel, dan perangkat seluler individu menjadi target utama.
    15 hours ago   |   Sains & Teknologi
  • Komunitas Blockchain Lokal Dapat Kucuran Modal
    Komunitas Blockchain Lokal Dapat Kucuran Modal
    Perusahaan yang penyedia aset digital danblockchain,High Performance Blockchain (HPB), siapmemberikan pendampingan teknis, operasional, dan pendanaan kepada komunitas blockchain Indonesia sebagai upaya ekspansi bisnis perusahaan tersebut di Tanah Air.
    16 hours ago   |   Elektronik
Top